Tak Perlu Perawatan Mahal, Kelapa dan 4 Tumbuhan Ini Suburkan Rambut

rambut3.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Peranan rambut sangat penting untuk dirawat, karena rambut berfungsi sebagai pelindung kepala dari berbagai hal seperti bahaya benda keras, sengatan sinar matahari, dan rambut juga merupakan perhiasan yang berharga.

Rambut yang tebal, panjang, berkilau, sehat dan mudah diatur memberikan daya pesona tersendiri bagi pemiliknya.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Model rambut wanita, Gak usah perawatan mahal, ternyata kelapa dan 4 tumbuhan ini bermanfaat menyuburkan dan memperkuat akar rambut, simak ulasannya berikut ini.

 

Untuk memperoleh rambut yang tebal, hitam, sehat dan mudah diatur, dibutuhkan perhatian yang ekstra.

Satu hal yang perlu disadari adalah adanya berbagai faktor yang dapat mengakibatkan perubahan kondisi kulit kepala dan rambut seperti faktor usia lanjut.

Kemudian karena depresi, berkurangnya aktifitas kelenjar minyak dikulit kepala, gangguan pembuluh darah, gangguan hormon, pengaruh kosmetika, pajanan sinar matahari secara terus menerus dan kurangnya makanan yang bergizi untuk kepentingan pertumbuhan rambut.

Jenis tumbuhan yang bersifat menyuburkan dan memperkuat akar rambut, adalah sebagai berikut:
1. Kelapa (Cocos nucifera L)
Caranya ambil daging buah kelapa yang sudah cukup tua, lalu diparut dan dijadikan santan. Masaklah tanpa memakai bahan kimia apapun.

Agar minyak tersebut semakin memberikan aroma yang alami, tambahkan rempah-rempah atau bunga-bungaan seperti urat isa (akar dari tumbuh-tumbuhan yang menyerupai daun ilalang), baunya sangat harum dan mengandung protein serta vitamin E yang baik.

Kemudian ditambah dengan daun pandan wangi, bunga melati, bunga mawar dan sebagainya. Semua bahan tersebut dicuci bersih dengan air hangat dan dimasukkan ke dalam minyak yang sudah matang atau dalam keadaan hangat, sehingga daun-daun tersebut tidak terlalu layu.

Minyak inilah yang diurut, selanjutnya urutkan ke kulit kepala sampai ke ujung rambut, terutama rambut yang kering dan pecah-pecah.


2. Kemiri (Aleurites moluccana )
Caranya adalah siapkan daging biji kemiri sebanyak ¼ kg, lalu ditumbuk sampai halus. Kemudian dimasukkan ke dalam panci, tambahkan 1 gelas air bersih sambil diaduk sampai merata.

Campuran tersebut lalu dipanaskan di atas api sampai mendidih dan keluar minyaknya. Setelah dingin lalu diperas dan disaring dengan sepotong kain, untuk diambil minyaknya, lalu didihkan kembali.

Setelah dingin, minyak kemiri ini bisa digosokkan pada kulit kepala sambil ditekan-tekan dan rambut ditutup dengan cup rambut, biarkan lebih kurang 20 menit, lalu rambut dicuci bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Lidah buaya (L Aloe vera.)
Model rambut wanita, Gak usah perawatan mahal, ternyata kelapa dan 4 tumbuhan ini bermanfaat menyuburkan dan memperkuat akar rambut selanjutnya adalah lidah buaya.

Cara pengolahannya adalah kulit daun lidah buaya dikupas. Ambil lendirnya yang menyerupai agar-agar lalu digosokkan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut sampai basah. Tutup rambut kepala tersebut dengan sepotong kain. Sebaiknya dilakukan setelah mandi sore.

Dikeesokan harinya cuci rambut hingga bersih. Lakukan setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

4. Lidah mertua (Sansevieria Laurentii)
Cara pengolahannya adalah ambil 2 batang daun lidah mertua, lalu cuci bersih dan digiling halus. Tambahkan sedikit air, sambil diaduk rata seterusnya diperas dengan sepotong kain.

Air perasan ini langsung digunakan untuk membasahi kulit kepala dan rambut. Tutup rambut dengan sepotong kain. Sebaiknya dilakukan sehabis mandi sore. Keesokan paginya rambut dicuci bersih.

5. Jarak pagar (Jatropha curcas L)
Cara pengolahannya adalah pilih biji jarak yang sudah tua, lalu ditumbuk sampai mengeluarkan minyak. Peras dengan sepotong kain. Minyak ini digunakan untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat ringan.

Biarkan beberapa saat lalu dicuci bersih dengan shampo. Lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Sekian informasi mengenai Model rambut wanita, Gak usah perawatan mahal, ternyata kelapa dan 4 tumbuhan ini bermanfaat menyuburkan dan memperkuat akar rambut.

Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.
Sumber : Kusumadewi. 2003. Rambut Anda, Masalah, Perawatan Dan Penataannya. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.