Manfaat Masker Jagung untuk Kulit Wajah

masker-wajah8.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh manusia yang menjaga organ-organ didalamnya dan kulit adalah lapisan yang paling utama beradaptasi pada lingkungan luar, seperti cuaca, iklim dan paparan sinar matahari.

Selain itu, penggunaan kosmetik maupun skin care yang kurang tepat, pola makan yang salah, dan perubahan hormone akan membuat kulit tidak sehat bahkan rusak apabila tidak dijaga dengan baik.

Perawatan kulit wajah merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Kecantikan, Kecantikan, Manfaat masker jagung untuk kulit wajah, simak ulasannya berikut ini.

Kesehatan Kulit dan Permasalahan Kulit

Kulit merupakan salah satu penanda fisik yang terlihat bahwa orang tersebut masih muda atau sudah lanjut usia. Banyak sekali permasalahan pada kulit wajah sejak menginjak usia remaja hingga dewasa. Karena pada usia remaja mulai timbul masalah kulit seperti kulit berminyak, berjerawat, kering, kusam, dan sebagainya.

Begitu juga jika sudah memasuki usia dewasa, permasalahan pada kulit seperti mulai timbul keriput, kusam, dan kulit wajah menjadi kering, karena produksi minyak pada usia dewasa sudah tidak bekerja dengan baik, sehingga produksi lemak menjadi sedikit. Kulit menjadi kering akibat ketidakseimbangan sekresi sebum.

Masalah kulit tersebut sering dianggap dapat mengurangi kepercayaan diri. Untuk jenis kulit kering, gangguan masalah kulit dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dam faktor eksternal. Keduanya faktor-faktor tersebut memiliki masalah yang berbeda, mislanya faktor internal meliputi kelenjar palit yang bekerja kurang aktif, hormone, genetik dan daya penahan cairan berkurang.

Sedangkan faktor eksternal seperti merokok, sakit, lelah, kurang tidur, kurang vitamin, gizi tidak seimbang, kelembaban kulit kurang, panas sinar matahari yang berlebihan, dan pemakaian kosmetik yang kurang tepat.


Kulit wajah kering merupakan keadaan kulit dimana kulit kekurangan kadar air dan kadar minyak, hal ini disebabkan karena kelenjar minyak pada kulit tidak bekerja dengan baik.

Kulit kering dapat terjadi dengan tingkatan yang berbeda pada setiap orang, tergantung pada kesehatan, tempat tinggal, dan faktor usia. Orang dewasa hingga usia lanjut akan lebih rentan mengalami kulit kering.

Cara merawat kulit agar sehat

Kecantikan, Manfaat masker jagung untuk kulit wajah selanjutnya adalah cara untuk mencapai kulit yang sehat yaitu dengan cara selalu membersihkan wajah, perhatikan pola makan seperti perbanyak mengkonsimsi buah-buahan, sayuran, dan perbanyak minum air putih. Dengan begitu akan sangat membantu kesegaran kulit.

Adapun perawatan untuk kulit wajah adalah salah satu perawatan kulit yang paling penting, dikarenakan wajah merupakan bagian tubuh yang sering dilihat, dan karena kulit wajah adalah bagian yang paling sensitif dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Merawat wajah merupakan kebutuhan pokok yang perlu dilakukan terutama oleh kaum wanita untuk menjaga kecantikan.

Perawatan wajah kering dilakukan dari dalam dan luar tubuh. Perawatan dari dalam adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat yang baik untuk kesehatan kulit.

Perawatan dari luar bisa menggunakan masker yang terbuat dari buah dan sayuran. Karena banyaknya bahan-bahan alami dilingkungan sekitar yang dapat digunakan sebagai bahan untuk melembabkan kulit yang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat luas.

Penggunaan buah dan sayuran sebagai masker merupakan salah satu cara perawatan untuk mengurangi dampak negatif dari bahan kimia, salah satunya adalah dengan jagung manis.

Masker Jagung Sebagai Perawatan Kulit Wajah

Jagung merupakan salah satu sayuran yang dapat digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan kulit, jagung juga memiliki kandungan prokatoren yang dapat memperbaiki struktur kulit. Dalam jagung terdapat kandungan lemak dan protein sehingga menghasilkan asam amino yang dibutuhkan oleh kulit kering.

Serta memiliki kandungan lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, mineral, karbohidrat yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Jagung dapat dimanfaatkan menjadi masker untuk perawatan kulit wajah.

Bahwa masker wajah memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah yaitu memberikan kelembaban pada kulit wajah, memperbaiki tekstur kulit, meremajakan kulit, mengencangkan dan mengenyalkan kulit, menutrisi kulit, melembutkan kulit, membersihkan pori-pori serta mencerahkan warna kulit.

 

Perawatan wajah harus dimulai sejak dini, terutama bagi wanita, karena penampilan kulit yang sehat dan menarik menjadi hal yang didambakan.

Khususnya wanita yang sudah menginjak usia 30-35 tahun, karena pada usia tersebut mulai muncul berbagai jenis permasalahan kulit pada wajah.

Sekian informasi mengenai Kecantikan, Manfaat masker jagung untuk kulit wajah. Semoga informasi yang telah Riauonline berikan bermanfaat bagi pembaca.