Awal Tahun, Harga Lelang Karet di Kuansing Naik Tipis Jadi Rp 11.759 Per Kilo

Karet9.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, TELUK KUANTAN-Mengawali tahun 2022 harga lelang karet di Kabupaten Kuansing mengalami kenaikan. Harga lelang karet naik tipis jadi Rp 11.759 per kilogram.


"Harga lelang karet naik tipis  minggu ini," ujar Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian Kuansing, Raja Rafli melalui keterangan tertulis, Selasa, 4 Januari 2022  kemarin.

 

Harga lelang karet minggu lalu Rp 11.726 perkilogram dan minggu ini menjadi Rp 11.759 per kilogram. "Naik Rp 33 perkilogram," katanya.

 Sementara untuk laporan produksi minggu ini mengalami penurunan. "Produksi minggu ini hanya 76 ton, minggu lalu 94 ton," katanya.


Dia berharap kedepan seluruh petani karet yang berada di 15 kecamatan bisa bergabung dalam wadah Apkarkusi dengan tetap memelihara tanaman karet dan melakukan penanganan pasca panen karet sesuai standar teknis. Ini dilakukan menurutnya, agar kualitas tanaman karet bisa tetap terjaga.


 

Salah satu tip diberikan Rafli, agar kualitas bokar meningkat yaitu dengan menggunakan bahan pembeku yang dianjurkan dan harus seragam, bahan tersebut adalah specta, asap cair atau deorub.

Bahan ini dijelaskan Rafli tidak boleh direndam dan dicampur dengan bahan bukan karet. "Semoga ini bisa bermanfaat bagi petani karet," katanya.