PPKM Level 3 Batal, Pengusaha Pekanbaru Optimis Bangkit dari Keterpurukan

Rizky-Bagus-Oka.jpg
(dok pribadi)

Laporan Haslinda

RIAUONLINE, PEKANBARU-Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Pekanbaru, Rizky Bagus Oka menyambut baik langkah pemerintah untuk membatalkan penerapan PPKM Level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 nanti.

Menurut Oka, kebijakan ini dinilai mampu meningkatkan produktivitas pelaku usaha di akhir tahun.

"Kami merespon positif keputusan pemerintah untuk membatalkan penerapan PPKM level 3 saat Nataru nanti. Ini sebagai langkah baru untuk pertumbuhan ekonomi " ujar Rizky Bagus Oka kepada Riauonline.co.id, Sabtu 11 Desember 2021.

Lanjut Oka, kebijakan ini juga dapat menjadi momentum pemulihan ekonomi di tahun yang akan datang serta mampu menaikkan gairah para pebisnis yang sebelumnya sempat menurun.

 


 

"Tahun lalu kan dipatok dengan PPKM, jika nanti di tahun 2022 dimulai tanpa PPKM harusnya akan lebih baik lagi. Jadi target ekonomi yang kemarin 5 persen itu mungkin bisa naik ke angka 7 persen," jelas Oka.


Meski demikian, Oka tetap mengingatkan agar para pelaku bisnis tak mudah lengah dengan aturan yang sudah ditetapkan. Sebab jika dibiarkan akan berimbas ke sektor ekonomi dengan diterapkannya kembali PPKM.


"Untuk para pebisnis di mana pun, untuk standar protokol kesehatannya dijaga. Walaupun udah agak senggang dan sedikit terkendali tapi kan masih kasus baru. Takutnya berimbas ke pelaku ekonomi seperti sebelumnya. Kalau kita lengah balik lagi ke PPKM," tuturnya.

 

 

Sebagai informasi, pemerintah memutuskan, kebijakan PPKM di masa libur Nataru akan mengikuti asesmen situasi pandemi di masing-masing daerah. Kebijakan PPKM pun dibuat seiring dengan aktivitas testing dan tracing yang tetap digencarkan.