Capaian Vaksinasi Riau dan Sumatera Barat Dibawah 60 Persen

vaksin-lansia.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti 15 provinsi di Indonesia yang capaian vaksinasi lansia masih dibawah 60 persen. Provinsi Riau dan Sumatera Barat masuk di antaranya.

Provinsi Riau sendiri saat ini capaian vaksinasi lansia masih 50 persen, sedangkan Sumatera Barat 56 persen.

"Kepada masing-masing Kapolda, Testing dan Tracing segera diperkuat, jika ada ketemu segera karantina, hati-hati," ucap Jokowi saat Pengarahan Apel Kasatwil Polri 2021, Jumat, 3 Desember 2021.

Tidak hanya itu, selama 1,5 tahun dalam menangani penyebaran Covid-19 masing-masing Kapolda tentu memiliki strategi dalam mengantisipasinya.


"Varian juga memiliki strategi baru dan bermutasi hingga berubah-ubah, sehingga dalam penanganan masing-masing kita memiliki strategi baru juga," lanjut Jokowi.

Mantan Gubernur DKI ini juga menghimbau kepada Kasatwil Polri untuk tidak terlena dengan menurunnya penyebaran Covid-19 beberapa bulan ini.

"Hati-hati jangan sampai terlena, karena ancaman Covid-19 belum usia, waspada gelombang 3 dengan varian baru Omicron dengan tingkat penyebaran 5 kali lebih cepat dari varian Delta."

"Bagi masing-masing Kapolda yang daerahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga untuk waspada, jangan sampai tenaga kerja kita yang datang masuk membawa virus varian Omicron atau orang lain masuk membawa virus Omicron," pungkasnya.

Adapun 15 Provinsi yang capaian vaksinasi lansia masih dibawah 60 persen yakni.

- Sumatera Selatan 58 persen,
- Sumatera Barat 56 persen,
- Nusa Tenggara Timur 55 persen,
- Kalimantan Barat 53 persen,
- Kalimantan Selatan 50 persen,
- Riau 50 persen,
- Sulawesi Tenggara, 42 persen,
- Sulawesi Barat 49 persen,
- Sulawesi Selatan 48 persen,
- Maluku Utara 46 persen,
- Sulawesi Utara 46 persen,
- Papua Barat 45 persen,
- Aceh 40 persen,
- Papua 26 persen,
- Maluku 42 persen.