Marak Pembalakan Liar, Kapolda: Fokus Kita Selamatkan Hutan Riau

susuri-GSK.jpg
(DEFRI/ RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi gencar melakukan patroli udara memonitor praktik pembalakan liar atau illegal logging di hutan perbatasan Riau-Sumbar dan Kepri.

Hasilnya, jenderal bintang dua itu kembali menemukan adanya praktik pembalakan liar di beberapa lokasi di wilayah Riau.

"Aktivitas illegal logging memang benar adanya dan perbuatan melawan hukum ini harus dihentikan. Saat ini kita fokuskan untuk penyelamatan hutan di Riau," ucap Irjen Pol Agung usai landing patroli Udara di Bandara Sultan Syarif Kasim ll Pekanbaru, Sabtu, 27 November 2021.

Irjen Pol Agung juga menjelaskan bahwa hutan adalah aset negara yang harus dijaga dengan baik kelestariannya.

Sebagai tindak lanjut dari hasil temuan di lapangan, 100 personel Brimob Polda Riau diterjunkan ke beberapa lokasi untuk melakukan pengawasan secara langsung.


"100 personel Brimob juga telah kita turunkan dan ini juga bagian tindak lanjut di lapangan atas apa yang kita temukan," pungkasnya.

Sebelumnya, Polda Riau sudah membekuk sejumlah pelaku sekaligus mafia pembalakan hutan yang dikenal dengan Mat Ali alias 'Anak Jenderal'.

Kapolda Agung juga mengatakan komplotan mafia kayu yang dipimpin Mat Ari ditangkap oleh tim gabungan yang diback up personel Brimob.

Operasi penangkapan itu setelah sehari sebelumnya dilakukan patroli udara dan menemukan aktivitas perambah hutan dibeberapa lokasi/koordinat.

"Ini komplotan pimpinannya Mat Ari alias Anak Jenderal. Itu adalah lokasi yang kemarin saya lihat dari atas (patroli udara), kayu illegal logging dihanyutkan ke sungai oleh kelompok Mat Ari alias Anak Jenderal ini,," lanjut Irjen Agung.