PPKM di Pekanbaru Sulit Turun ke Level I, Ini Penyebabnya

vaksin-lansia.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru masih kesulitan mencapai PPKM level 1 meski sudah menerapkan PPKM level 2 sebanyak empat tahap. Satu indikator untuk masuk PPKM level 1 belum kunjung terpenuhi.

Capaian vaksinasi bagi lanjut usia atau lansia masih di bawah 60 persen. Saat ini capaian vaksinasi lansia masih 48,75 persen.

"Untuk level 1, catatan kita masih vaksinasi bagi lansia. Kita masih belum sampai 60 persen," terang Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Senin 22 November 2021.

Ia menyebut, tim percepatan vaksinasi juga sudah berkordinasi dengan unsur Forkopimda terkait masih rendahnya capaian vaksinasi bagi lansia. Menurutnya, tim dinas kesehataan dan puskesmas sudah melakukan berbagai upaya.

Satu upaya yakni dengan jemput bola atau menjemput para lansia agar bisa mengakses layanan ke puskesmas. Ada juga layanan vaksin door to door sehingga para lansia bisa lebih mudah mendapat suntikan vaksin.


"Wali kota sudah memberi instruksi kepada puskesmas untuk mengejar capaian vaksinasi ini, camat dan lurah juga harus membantu, agar para lansia bisa ikut dijangkau," imbuhnya.

Ayat menyadari bahwa masih banyak lansia yang ragu. Ia mengimbau agar lansia tidak lagi ragu dengan manfaat vaksin.

Dirinya mengatakan, vaksinasi merupakan satu ikhtiar atau upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19. Ia pun mengajak para lansia untuk segera mendapat suntik vaksin Covid-19.

Mereka yang hendak bepergian tentu harus menjalani suntik vaksin. Namun bukan berarti yang tidak bepergian malah tidak mau disuntik vaksin.

"Bagi yang tidak bepergian pun mesti harus mendapat suntik vaksin, maka ayo ikut vaksin," katanya mengingatkan.