Perbaikan Jalan Lobak Yang Amblas Hampir Rampung

jalan-amblas.jpg
(DEFRI/ RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Proses perbaikan jalan amblas di Jalan Lobak, Kota Pekanbaru telah berlangsung hampir satu bulan. Saat ini prosesnya sudah memasuki tahap penyelesaian.

Perbaikan ruas jalan semula ditargetkan satu pekan. Namun adanya sejumlah kendala membuat proses perbaikan lebih lama dari rencana awal.

Perbaikan dimulai sejak ruas jalan itu amblas pada 25 Oktober 2021 lalu. Alat berat dikerahkan perbaikan ruas jalan amblas akibat dikikis air pada bagian lapisan tanah di bawah jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution memastikan proses perbaikan jalan hampir tuntas.

"Sudah hampir tuntas, sekarang tinggal finishing dan merapikan saja lagi," jelasnya, Minggu 21 November 2021.

Ia mengatakan tim sudah memasang beton pra cetak untuk mencegah jalan tersebut amblas kembali. Mereka juga menambah kepadatan di pinggiran ruas jalan tersebut. "Jadi untuk di pinggirnya kita buat perkerasan, agar tidak terjadi amblas lagi," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Syamsulasyri mengatakan bahwa tim juga melakukan pengaspalan sembari penyelesaian perbaikan ruas jalan amblas itu.

Menurutnya, pengerjaan mayor terhadap ruas jalan itu sudah tuntas. Saat ini tim segera melakukan proses penyelesaian untuk pengerjaan minor di ruas jalan itu.

Mereka juga menanti kondisi ruas jalan agak stabil setelah pemasangan precast. "Setelah agak stabil ada tim untuk melakukan pengaspalan ruas jalan ini," paparnya.

Syamsul mengatakan, tidak ada kendala signifikan selama proses perbaikan. Namun hanya terkendala bahan material dan pekerja lapangan yang terbatas.

Ia menyebut bahwa pihaknya juga memperbaiki sejumlah ruas jalan kota. Perbaikan ruas jalan yang jadi prioritas adalah ruas jalan penghubung antar kecamatan yang padat.

"Kita prioritaskan jalan yang menghubungkan antar kecamatan, jalan lingkungan yang butuh perbaikan juga kita kerjakan," paparnya.