Potensi Pariwisata Desa Wisata Okura Pekanbaru

Taman-Bunga-Okura.jpg
(Phinemo)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU- Pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang mendapat perhatian pemerintah untuk terus dikembangkan sampai saat ini, karena sektor ini dinilai cukup berpotensi bagi perkembangan perekonomian rakyat.

Potensi ini didasarkan atas beberapa faktor pendukung seperti geografis dan keindahan alam serta kekhasan sosial budaya masyarakat Indonesia sebagai daya tarik utama dalam pengembangan sektor wisata.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Wisata, Potensi Pariwisata Desa Wisata Okura Pekanbaru, simak ulasannya berikut ini.

1. Kondisi Desa Wisata Okura

Desa Wisata Okura menyediakan pemandangan alam berupa hutan bakau dan perkebunan yang dapat dinikmati di atas kapal.

Desa wisata okura menyediakan kegiatan memanah, berkuda, menganyam dan menampilkan tarian tradisional untuk menyambut tamu dan hamparan perkebunan milik masyarakat.

 

Wisata yang ditawarkan untuk para wisatawan adalah bentuk budaya tradisional masyarakat melayu dan keaslian alam yang ada di desa wisata okura. Kelestarian budaya Melayu dan alam yang indah di desa wisata okura merupakan unsur yang sangat penting untuk menghidupkan pariwisata alam yang ada.


Karena unsur-unsur keaslian yang ada di desa wisata okura menjadi daya tarik dibandingkan dengan desa desa atau tempat yang lain.

2. Desa wisata okura sudah memiliki legitimasi hukum

Wisata, Potensi Pariwisata Desa Wisata Okura Pekanbaru selanjutnya adalah Desa Wisata Okura sudah memiliki legitimasi hukum.

Ketetapan hukum atau legitimasi hukum penetapan sebagai kawasan Desa Wisata Okura. hal ini diperlukan untuk memberikan kelancaran dalam melaksanakan kegiatan di Desa Wisata Okura.

Melalui proses yang cukup panjang akhirnya diperoleh diperoleh legalitas hukum penetapan Desa Wisata Okura sebagai desa wisata. Hal ini merupakan salah satu bentuk penggerakan yang dilakukan masyarakat Desa Wisata Okura dengan pemerintah kota Pekanbaru melalui disbudpar.

Legalitas hukum yang diberikan dinas kebudayaan dan pariwisata kota Pekanbaru sangat penting oleh masyarakat Desa Wisata Okura agar bantuan dan pembangunan Desa Wisata Okura berjalan maksimal.

Adanya legalitas hukum dalam bentuk keputusan pemerintah kota Pekanbaru untuk menetapkan Desa Wisata Okura sebagai desa wisata akan meningkatkan kinerja pemerintah untuk mengembangkan budaya Melayu dan kreatifitas masyarakat melayu untuk mempertahankan kearifan lokal sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung ke Desa Wisata Okura.

3. Pengelolaan Desa Wisata Okura

Disbudpar kota Pekanbaru bekerjasama dengan masyarakat di Desa Wisata Okura untuk membantu mengelola dan mengembangkan desa wisata ini agar memberikan dampak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Dinas kebudayaan dan pariwisata kota Pekanbaru memberikan pengarahan kepada masyarakat di desa wisata okura agar terus melestarikan kebudayaan Melayu dan meningkatkan kualitas sumber daya dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat seperti pelatihan dan praktek pengoperasian software arab-melayu digital, pelatihan pelayanan publik yang baik dan ramah terhadap wisatawan yang datang berkunjung.

Kemudian pengarahan dan pelatihan yang diberikan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata kota Pekanbaru dalam memberikan pengarahan dan pelatihan masih apa adanya karena belum didukung dengan sarana dan prasarana, selanjutnya tenaga teknis ahli yang mendukung hasil pengarahan dan pelatihan yang diberikan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata kota Pekanbaru.

Dalam melakukan pengelolaan terhadap sumber daya yang ada di Desa Wisata Okura, telah diupayakan sebaik mungkin agar tujuan yang hendak dicapai dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

 

 

Melalui komunikasi yang baik dan daya tarik objek wisata desa Opera ini sehingga bantuan yang diharapkan dapat hadir di tengah proses pengembangan desa wisata ini.

Sekian informasi mengenai Wisata, Potensi Pariwisata Desa Wisata Okura Pekanbaru. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.