Kukerta, Mahasiswa Unri Ajak Warga Geringging Baru Patuhi Prokes

Kukerta-Unri-di-Desa-Geringging-Baru.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Memasuki masa new normal Covid-19, kehidupan dan aktivitas masyarakat mulai berjalan meski ada perbedaan dengan keadaan saat di masa normal biasanya.

Beberapa kebiasaan baru mulai diterapkan seperti menerapkan protokol kesehatan yang perlu diterapkan di masa new normal ini.

 

Kesadaran masyarkat perlu diterapkan melihat situasi beberapa dinilai kurang dengan keadaan dan belum bisa menyesuaikan dengan kebiasaan baru saat ini.

 

Di masa pandemi Covid-19, mahasiswa Universitas Riau (Unri) 2021 melaksanakan kukerta di Desa Geringging Baru Kabupaten Kuantan Singigi.

 

Dalam melakukan aktivitas di desa Geringging Baru, mahasiswa Kukerta Unri menerapkan protokol kesehatan sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19 secara ketat.

 

Mulai dari vaksin, memakai masker disetiap kegiatan, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menghindari kegiatan yang mengundang kerumunan massa. 

 

Situasi di masa pandemi tidak menjadi penghalang serta mengurangi inovasi dan kreativitas mahasiswa dalam melaksanakan kukerta di Desa Geringging Baru.

 


Bahkan mahasiswa kukerta Desa Geringging Baru melakukan program-program kukerta yang inovatif dan juga solutif bagi masyarakat desa. Di era teknologi digital, ditambah lagi dengan situasi dan kondisi pandemi pada saat ini.

 

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa kukerta Unri 2021 di Desa Geringging Baru yaitu pembuatan spanduk yang berisi himbauan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan.

 

Imbau itu yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kegiatan yang mengundang kerumunan massa. Walaupun masyarakat sudah di vaksin, tetapi protokol kesehatan harus tetap dijaga.

 

Spanduk yang dipasang ditempatkan dibeberapa titik yang mudah dilihat oleh masyarakat dan dilalui oleh banyak orang sehingga dapat memberikan informasi dan manfaat kepada masyarakat.

 

Pada situasi new normal yang sekarang dibutuhkan adaptasi atau penyesuaian seluruh masyarakat terhadap pandemi Covid-19. Program nyata mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilakukan yaitu pembuatan handsanitizer dan melakukan pengadaan alat cuci tangan serta membagikan masker kepada masyarakat.

 

Saat turun ke lokasi untuk pembagian masker dilakukan di pasar dan membagikan masker kepada masyarakat yang berada di pasar dan diharapkan masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan meskipun sedang berada di pasar dan tempat keramaian.

 

Selain pembagian masker kepada masyarakat, mahasiswa kukerta Unri 2021 melaksanakan pengadaan alat cuci tangan yang menjadi salah satu standar protokol kesehatan disaat pandemi Covid-19 pada instansi-instansi pelayanan publik.

 

Pengadaan tempat cuci tangan ini di tempatkan di pasar yang merupakan salah satu tempat keramaian dan diharapkan dengan adanya pengadaan tempat cuci tangan ini masyarakat dapat mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di pasar.

 

Selain itu, mahasiswa kukerta Unri 2021 juga melakukan pembuatan handsanitizer dan kemudian akan dibagikan kepada masyarakat dan kegiatan ini diharapkan dapat untuk memotivasi mayarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

 

Mahasiswa kukerta Unri 2021 bersama-sama membuat handsanitizer dan diharapkan akan digunakan oleh masyarakat serta memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

Program kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kukerta Unri 2021 mendapatkan respon yang baik dari masyarakat setempat, sehingga kegiatan dan informasi yang diberikan  dapat diterima dengan baik dan memberikan motivasi serta manfaat.

 

Tidak hanya itu, warga juga turut memberikan pendapat dan gagasannya terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa kukerta unri 2021 sehingga terjalin kerjasama, interaksi dan silaturrahmi dengan masyarakat.