Posisi Plt Kepala DLHK Kota Pekanbaru Mendadak Diganti, Ada Apa?

Proses-pelantikan-tertutup-pejabat-DLHK.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Ada pergantian pejabat secara mendadak di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. Proses pelantikan berlangsung tertutup di Kantor BKPSDM Kota Pekanbaru, Selasa 26 Oktober 2021.

 

Posisi Kepala DLHK Kota Pekanbaru mendadak diisi oleh Hendra Apriadi. Ia menggantikan Marzuki yang sebelumnya mengisi jabatan sebagai pelaksana tugas atau Plt.

 

Hendra sendiri sebelumnya merupakan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan di DLHK Kota Pekanbaru. Sementara, Marzuki dirotasi ke Balitbang Kota Pekanbaru. Ia menjabat sebagai Sekretaris Balitbang Kota Pekanbaru.

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus tidak menampik ada pergantian pejabat di lingkungan DLHK Kota Pekanbaru. Ia menyebut ada pergeseran pejabat di dinas tersebut. Dirinya menilai pergantian ini sebagai bentuk penyegaran.

 

"Ini penyegaran, penggantinya orang dalam DLHK juga. Tapi masih tataran eselon III," jelasnya.

 


Menurutnya, posisi Kepala DLHK Kota Pekanbaru memang belum ada pejabat defenitif. Ia menyebut, posisi kepala DLHK masih dijabat oleh plt, namun pengganti sudah memenuhi syarat.

 

Dirinya mengatakan bahwa seleksi untuk pejabat defenitif masih menanti izin Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Sleksi pejabat mengisi posisi Kepala DLHK Kota Pekanbaru seiring seleksi jabatan terhadap posisi kepala OPD yang belum punya pejabat defenitif. 

 

Ada sejumlah jabatan yang masih belum diisi pejabat defenitif. Posisi tersebut yakni Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. 

 

 

Kemudian Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kota Pekanbaru. Ada juga Kepala BPKAD Kota Pekanbaru dan Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru. 

 

"Maka untuk yang masih plt kita gelar assesment, untuk mencari pejabat permanen," terangnya. 

 

Pada pelantikan kedua pejabat itu juga dilantik dua kepala bidang. Satu kepala bidang di DLHK Kota Pekanbaru sedangkan satu lagi sebagai kepala bidang di Disperindag Kota Pekanbaru.