5 Patung dan Tugu di Riau Menyimpan Banyak Kisah

monumen-rakyat-riau.jpg
(travelingyuk.com)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tugu maupun monumen kebanyakan dibuat sebagai kenangan atau persembahan yang berfungsi sebagai pengingat akan momen bersejarah atau peristiwa tertentu. Riau Online akan membahas mengenai Sejarah Melayu Riau, 5 Patung Yang Ada Di Riau, simak ulasan berikut ini:

1. Monument Perjuangan Rakyat Riau Pekanbaru

monumen perjuangan Rakyat Riau berada di Jalan Diponegoro Pekanbaru, persis berada di depan komplek Gubernuran. Di tengah monument ini terdapat patung TNI dan Rakyat dalam menghadapi penjajah, patung ini berdiri di atas pelataran yang berisi relief perjuangan dan diisi kanan dan kiri terdapat meriam. Monument ini dibangun atas prakarsa Gubernur Riau H. Imam Mundar Datuk Sri Lela Wangsa dan diresmikan pada 17 Agustus 1984.

2. Tugu Zapin


 

Tugu ini memiliki 7 meter yang terletak di titik nol Kota Pekanbaru, tepatnya di bundaran Jalan Gadjah Mada. Tugu ini adalah peninggalan Gubernur provinsi Riau Ke-11 yaitu Rusli Zainal, yang menggantikan Tugu Pesawat Tempur peninggalan Gubernur Provinsi Riau ke-5, Imam Munandar. Tugu ini berbentuk sepasang Bujang dan Dara yang sedang menarikan tari yang sebagai icon provinsi Riau, yaitu Tari Zapin. Tari zapin sendiri merupakan tarian khas orang melayu. Tugu ini dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja daerah (APBD) Riau tahun 2011 dengan pagu anggaran sebesar 4 miliar yang dibangun oleh PT Citra Mutiara Bumi Riau.

3. Patung Tuanku Tambusai



Sejarah Melayu Riau, 5 Patung Yang Ada Di Riau berikutnya yaitu Patung tuanku tambusai. Patung ini adalah patung penyambut kedatangan tamu jika kamu balek kampung ke Tanah Putih Rokan Hilir, khususnya bagi yang melewati Simpang Pasar Banjar XII. Tuangku tambusai sendiri adalah seorang tokoh Paderi terkemuka yang lahir pada tanggal 5 November 1784 di Tambusai, Rokan Hulu, Riau. Penampakan patung pahlawan nasional menunggangi kuda ini sering di jadikan latar untuk sekedar berfoto atau selfi.

4. Tugu Proklamasi Riau



Tugu ini didirikan dalam bentuk mengenang usaha Kepulauan Riau untuk bergabung dengan Indonesia, tak hanya tugu ini juga menjadi tempat untuk pertamakalinya bendera merah putih dikibarkan sekaligus pembacaan teks Pancasila di Tanjungpinang. Tugu ini didirikan pada tanggal 29 Desember 1949. Tugu Proklamasi terletak begitu strategies, yakni terletak berdekatan dengan pintu keluar Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. Tugu ini didirikan untuk menghargai perjuangan yang sudah dilakukan untuk menggabungkan Kepulauan Riau dengan Indonesia.

5. Tugu Ikan Selais



Tugu Ikan Selais pekanbaru merupakan salah satu ikon Kota Pekanbaru yang cukup unik dan menarik. Lokasinya berada di Jalan Jendral Sudirman tepat di depan Mal Pelayanan publik (MPP) atau eks Kantor Walikota Pekanbaru. Peresmian tugu ini dilakukan oleh Herman Abdullah pada hari Kamis 14 Juli 2011 lalu. Tugu tersebut berbentuk tiga ekor ikan selais seperti berpelukan.

Sekian informasi mengenai Sejarah Melayu Riau, 5 Patung Yang Ada Di Riau, semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

 (LINDA MANDASARI)