Pemakaman Datuk Al Azhar, Penjual Es Tebu Ketiban Rezeki

air-tebu.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Masyarakat ramai melepas kepergian almarhum Datuk Al Azhar, Rabu 13 Oktober 2021. Almarhum dimakamkan di pemakaman Air Dingin, Marpoyan Damai.

Siang terik menimbulkan dahaga bagi para pengantar jenazah. Beruntung ada satu penjual minuman di sekitar lokasi pemakaman.

Harun, penjual air tebu sudah tiba di area pemakaman sejak pukul 13.30 WIB. Ia mengaku banyak pembeli yang datang. Ia sempat kewalahan melayani pembeli.

"Tadi saya di labersa, ada acara wisuda Terus karena ramai tadi lewat sini ya mampir. Ramai es tebu diserbu masyarakat. Saya sempat telpon anak untuk bantu. Alhamdulillah, rezeki, dek," ujarnya kepada riauonline.co.id.


Pria yang lahir di Kota Pekanbaru ini pun menunjukkan sisa tebu yang sudah diperas. Ada satu karung banyaknya. Ia pun bersyukur dan mendoakan atas kebaikan rezeki hari ini.

"Tentang almarhum, saya tau sekilas. Sepertinya Datuk ini orang sangat berpengaruh di Riau," paparnya.

Kabar meninggalnya budayawan sekaligus Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau, Datuk Seri Al Azhar menyisakan duka mendalam masyarakat Riau.

Almarhum Tengku Al Azhar meninggal Selasa, 12 Oktober 2021, malam. Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Datuk Seri Al Azhar, Selasa, 12 Oktober 2021 malam.

"Innalilahi wa innailaihi roojiuun, kami sekeluarga dan atas nama pemerintah daerah turut berdukacita sedalam dalamnya atas meninggalnya dt Seri Al Azhar," ucapnya.

Syamsuar juga sangat menyayangkan kehilangan seorang budayawan dan seorang figur yang cinta terhadap hukum adat. Ia berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi musibah ini.