Datuk Al Azhar, Pembesar yang Tak Pernah Lupa Kampung Halaman

Datuk-Seri-Al-Azhar-semasa-hidup2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Sosok Datuk Al Azhar dikenal sebagai tokoh kebudayaan dan tokoh adat yang bersahaja dan berkontribusi besar di Riau. Namun tak hanya itu, di luar jawatannya, ia pun dikenal sebagai sosok berwibawa.


Hal inilah yang banyak disampaikan oleh tokoh yang melepaskan kepergian Datuk Al Azhar salah satunya rekan sejawatnya asal Rokan Hulu Yuherman Yusuf.

"Almarhum ini orang yang amat peduli dengan masyarakat, termasuk orang-orang kampungnya. Bahkan sebelum ia berpulang ia sempat bertanya siapa yang menjadi Ketua Himpunan Keluarga Rokan Hulu. Begitulah pedulinya dia," ujar Yuherman Yusuf, Rabu, 13 Oktober 2021.

Datuk Al Azhar yang berasal dari Talikumain, Tambusai, Rokan Hulu ini tak pernah lupa dengan kampung halamannya baik secara kelembagaan Dimana ia berperan sebagai Ketua Dewan Penasehat Himpunan Keluarga Rokan Hulu maupun sebagai tetua masyarakat sebagai pemberi tunjuk ajar.

Tak hanya itu, Yuherman Yusuf yang juga penasehat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) juga mengatakan almarhum sempat mengantarkan kontingen atlet PON XX Papua.

"Almarhum pun masih sempat menyempatkan diri melepas atlet. Waktu itu beliau memberikan semangat. Semangat beliau masih terpancar kepada kita," kata Yuherman.

Jenazah Almahum Datuk Seri Al Azhar akan disalatkan di Masjid Raya Annur Provinsi Riau. Penyelenggaraan salat jenazah sendiri dilaksanakan setelah Salat Zuhur.