5 Fakta Keunikan Riau yang Jarang Diketahui Orang Banyak

5-Fakta-Keunikan-Riau.jpg
(andalastourism.com)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Riau terkenal sebagai daerah ladang minyak terbesar di Indonesia, namun selain itu terdapat beberapa fakta keunikan yang dimiliki Riau.

Bagi anda yang belum sempat berkunjung ke Riau, saatnya perlu anda ketahui bahwa Riau menjadi salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi para wisatawan karena memiliki berbagai destinasi wisata dan kuliner yang khas.

Saat ini Riau Online membahas mengenai Riau Islands, 5 Fakta Keunikan Riau, simak ulasannya berikut ini.

1. Destinasi wisata alam yang menarik

Air Terjun Batu Dinding, Pesona Alam Tersembunyi di Kampar - Andalas Tourism

5 Fakta Keunikan Riau / andalastourism.com

Meskipun Riau merupakan Provinsi perdagangan dan jasa, namun siapa sangka bahwa Riau memiliki beragam destinasi wisata alam yang menarik.

Destinasi tersebut diantaranya air terjun batu dinding yang terletak di Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau. Walaupun air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun kolam alami yang berada dibawahnya sangatlah luas sehingga pengunjung dapat bebas berenang sepuasnya.

Kemudian ada Sungai Kampar yang terletak di Teluk Meranti, Kab. Pelalawan, Riau. Pengunjung dapat berselancar dengan kecepatan ombak 40 kilometer per jam dan ketinggian 4 sampai 6 meter.

Dan masih banyak lagi destinasi wisata alam yang menarik seperti air terjun lubuk bingau, candi muara takus, danau raja, taman rekreasi alam dan masih banyak lagi.

2. Ladang Minyak terbesar di Indonesia

Ini 7 Fakta Keistimewaan Provinsi Riau, dari Ladang Minyak hingga Roti  Canai | TIMES Indonesia

5 Fakta Keunikan Riau / timesindonesia.co.id

Pengurasan minyak terbesar ini terdapat di Indonesia bagian barat yaitu Provinsi Riau yang terdapat di daerah Minas dan Duri. Ladang minyak bumi di Riau memang sudah tak diragukan lagi, Riau terkenal sebagai daerah penghasil minyak terbesar sebanyak 365.827 barrel per hari.

Migas merupakan sumber daya alam yang tak dapat diperbarukan minyak yang ada terus dikuras. Ladang minyak bumi di Riau mayoritas dikelola oleh PT Chevron yang kini telah diambil alih PT Pertamina.

Selain minyak bumi yang dihasilkan dari bawah tanah, Riau juga menghasilkan minyak yang dihasilkan dari atas tanah yaitu kelapa sawit.

Luas keseluruhan lahan perkebunan kelapa sawit di Riau sekitar 2,3 juta hektar dan menghasilkan CPO sebanyak 8.198.962 ton per tahun. Produktivitas dan perkembangan kelapa sawit di Riau semakin pesat setiap tahunnya karean komoditas ini sangat diminati pasar dunia. Dan menjadi salah satu andalan pemerintah dalam meraup devisa.


3. Istana Siak Sri Indapura

Sejarah | Website Resmi Pemerintah Kab. Siak


5 Fakta Keunikan Riau / web.siakkab.go.id

Riau Islands, 5 Fakta Keunikan Riau selanjutnya adalah Kesultanann Siak yang memiliki komplek istana yang menjadi kediaman Sultan Siak yang dibangun pada tahun 1889.

Istana Siak ini arstitekturnya merupakan perpaduan dari corak Melayu, Arab dan Eropa. Istana Siak terletak di Jl. Sultan Syarif Kasim, Kabupaten Siak, Riau.

Pada lantai bawah terdapat 6 ruangan sementara lantai atas terdiri dari 9 ruangan dan di bagian halaman istana terdapat 8 meriam yang tersebar di berbagai sisi halaman istana.

Di sini anda dapat menjumpai banyak barang peninggalan yang masih terawat dengan baik, bahkan masih berfungsi.

Di antaranya replica mahkota raja, singgasana raja, keramik alat makan hingga kursi dan cermin kristal. Konon katanya cermin tersebut dapat membuat nada yang berkca menjadi awet muda.

4. Perpustakaan termegah di Indonesia

PLN akan Pasang Kembali Aliran Listrik Puswil Soeman HS bila Tunggakan Rp  200 Juta Dibayar

5 Fakta Keunikan Riau / m.halloriau.com


Tempat menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Balai Pustaka Soeman Hasibuan, tempat ini merupakan perpustakaan termegah di Indonesia.

Di sini pengunjung dapat menikmati fasilitas yang telah disediakan di antaranya beragam koleksi buku yang lengkap,wifi, tersedianya aula untuk rapat, ruang kedap suara dan ruangan ber AC sehingga membuat pengunjung merasa nyaman.

Gedung perpustakaan ini memiliki enam lantai yang dilengkapi lift dengan daya tampung sebanyak 1.000 pengunjung. Gendung ini dindingnya dilapisi kaca transparan sehingga pengunjung dapat menikmati suasana keindahan Kota Pekanbaru dari dalam gedung.

Di pustaka ini tersedia berbagai bacaan mulai buku pendidikan, umum, mahasiswa dan buku untuk anak-anak, yang terdiri dari 239.032 eksemplar buku.

5. Kuliner dengan cita rasa yang khas

Mie Sagu Kuah ala Bengkalis foto resep utama

5 Fakta Keunikan Riau / cookpad.com

Kuliner khas Melayu Riau memiliki beragam jenis dan cita rasa yang khas yang masih jarang diburu oleh wisatawan, makanan khas Riau terdiri dari makanan berat dan kudapan yang nikmat, unik hingga minuman yang manis dan segar.

Beberapa panganan di Riau belum tentu dapat anda temui daerah lainnya karena kuliner khas Riau memiliki cita rasa yang menarik. Kuliner Riau dengan cita rasa yang khas beberapa diantaranya yaitu cincalok dan mie sagu, hidangan mie sagu yang ditambahkan dengan ikan bilis atau teri, sayur taoge dan potongan daun kucai.

Cara membuat mie sagu berbeda dengan membuat mie aceh, karena mie sagu terbuat dari tepung sagu yang memiliki tekstur dan kekenyalan yang berbeda.


Demikian informasi mengenai Riau Islands, 5 Fakta Keunikan Riau. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.