Sudah Tak Tahan Tinggal di Riau, Yunus Minta Tolong ke Presiden Jokowi

Imigran-Afghanistan-demo.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Ratusan Imigran menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Gubernur Riau jalan Sudirman, Senin, 11 Oktober 2021.

 

Sambil panas-panasan, ratusan imigran yang membawa pesan dari spanduk menyampaikan aspirasi mereka kepada Gubernur Syamsuar namun belum ditemui hingga pukul 12.00 WIB.

 

Akibat dari aksi unjuk rasa ini, lalulintas seputar bundaran tugu zapin terlihat macet dan petugas lalulintas terlihat sibuk mengatur arus kendaraan.


Perwakilan aksi unjuk rasa, M Yunus mengatakan imigran meminta penjelasan kepada Presiden Indonesia Joko Widodo dan Gubernur Riau Syamsuar terkait pemindahan imigran.

 

"Kami mau cari negara yang bisa jaga kita, yang bisa kasih KTP, bisa kasih pasport dan bebas hidup. Tujuan kita ingin pergi ke Australia, New Zealand dan Canada," ucap Yunus, Senin, 11 Oktober 2021.

 


Selain itu Yunus juga menyebutkan bahwa negara asalnya di Afghanistan sudah tidak aman, dan Yunus mengaku sudah tinggal di Riau selama 7 tahun.

 

 

 

"Di sini stres sering mikirin keluarga di Afghanistan. 3 bulan udah tidak berkomunikasi, aku call tidak aktif. Makanya itu minta tolong kepada bapak Jokowi dan Gubernur Riau," terangnya.

 

Yunus merasa sudah tidak sanggup hidup di Indonesia dengan biaya kebutuhan hidup yang cukup besar.

 

"Malaysia ada orang imigran, Thailand juga ada, paling cuman lama 3 tahun. Kami disini sudah sampai 10 tahun dan biaya hidup sudah gak cukup," pungkasnya.