Bupati Zukri Lantik 183 Pejabat Eselon III dan IV, BKPSDM Pelalawan

Bupati-Zukri2.jpg
(Dok Pemda Pelalawan)

RIAUONLINE, PELALAWAN-Bupati Pelalawan H Zukri resmi melantik 183 pejabat eselon lll dan lV di lingkungan Pemda Pelalawan, Jumat 30 Juli 2021 lalu, di lapangan upacara kantor bupati. Hal ini untuk menjawab kabar yang beredar dua bulan terakhir terkait mutasi jabatan yang telah dijanjikan Bupati Zukri.


Adapun rincian 183 pejabat yang dilantik yakni pejabat eselon lll atau pengawas sebanyak 49 orang dan pejabat eselon IV atau administrator 134 orang.

Para pejabat yang dikukuhkan kebanyakan untuk mengisi jabatan kosong, rotasi, serta sebagian ada yang dipromosi. Pelantikan pejabat ini merupakan perdana setelah Bupati Zukri dan Wakil Bupati Nasarudin menjabat sebagai kepala daerah periode 2021-2024.


Pengambilan sumpah sengaja digelar di lapangan terbuka pada pagi hari, sekaligus berjemur di bawah matahari pagi. Sebagian dari pejabat merasa sedikit kecewa terlihat dari bahasa tubuh maupun raut wajah karena posisinya tergeser dan sebagian lain merasa senang karena berpindah ke OPD yang besar ataupun mendapat promosi jabatan.


Dalam sambutannya, Bupati Zukri berpesan agar para pejabat berkerja dengan tulus dan ikhlas sesuai dengan tugas maupun tanggungjawab yang diberikan. Jika merasa belum mendapat jabatan yang cocok, para birokrat itu diminta menunjukan kemampuan melalui kinerja yang bagus, agar kedepan bisa ditempatkan pada posisi yang baik. Bagi pejabat yang dipromosi dan dipindahkan ke OPD yang besar jiga diingatkan agar tidak berbangga hati.


"Bapak dan ibu jangan senang dulu, karena evaluasi berjalan terus. Bisa saja beberapa bulan kedepan dievaluasi kembali, jika kinerjanya tidak baik," ungkap Zukri di hadapan para pejabat yang baru dilantik, Jumat 30 Juli 2021.


Zukri menegaskan, pejabat yang telah mengucapkan sumpah dan janjinya harus loyal terhadap pimpinan dalam menjalankan program kerja. Kemudian diminta segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru serta mengeksplorasi kemampuan semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat.

 

 


Ia menekankan, dalam pelayanan kepada warga tidak ada lagi terdengar Pungutan Liar (Pungli) yang dilakukan para pejabat maupun pegawai terkait. Politisi PDI Perjuangan ini tidak akan tinggal diam jika didapati oknum pejabat yang bermain-main dengan Pungli ataupun sejenisnya.


"Jangan ada lagi saya dengar Pungli dalam melayani masyarakat. Kita harus bekerja tulus dan ikhlas. Jangan tunggu warga datang, tapi jemput bola ke lapangan," tambah Zukri.


Pelantikan 183 pejabat eselon lll dan lV di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan kali ini berbeda dibandingkan dengan yang pernah dilakukan sebelumnya.


Jika pada pemerintahan Bupati HM Harris pengukuhan pejabat digelar di ruang tertutup seperti auditorium lantai lll maupun gedung daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja. Namun pelantikan perdana masa pemerintahan Bupati Zurki dan Wakil Bupati Nasarudin digelar di lokasi terbuka yakni di lapangan upacara kantor bupati.

Para pejabat duduk di kursi tanpa ada tenda atau atap penutup. Demikian juga Bupati Zurki, pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), serta pimpinan OPD yang hadir juga duduk beratapkan langit pagi.

 

Zukri Misran11

Bupati Pelalawan H Zukri menyampaikan sambutan di hadapan 183 pejabat yang dilantik


Selama dua jam berlangsungnya proses pelantikan, selama itu pula semua pejabat berjemur di bawah matahari pagi yang cerah. Kian lama duduk, mentari kian terik terasa di kepala maupun seluruh badan. Meski matahari pagi diklaim sehat dan banyak vitamin dari segi ilmu kedokteran, banyak juga pejabat yang memilih menutup kepala serta wajahnya menggunakan kertas atau tangan.


"Matahari terik ini sebagai pengingat kepada semua pejabat yang baru saja dilantik. Seperti inilah yang dirasakan masyarakat saat ini. Panas dan tidak nyaman. Jadi layanilah masyarakat dengan tulus," beber Zukri.


Bupati Zukri menyebutkan, dalam suasana pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini masyarakat sangat merasakan dampaknya terhadap perekonomian. Untuk itu perlu dilayani dengan baik melalui program kerja yang menyentuh langsung kepada warga miskin.


"Untuk bantuan-bantuan ke depan harus tepar sasaran. Jangan sampai orang miskin tak dapat, tapi yang lain dapat. Ini harus diperbaiki," tambah Zukri.


Pejabat yang ikut dilantik mengaku kepanasan saat mengikuti pelantikan selama dua jam. Tetapi karena kondisi pandemi Covid-19 dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), ia terpaksa menahan terik mentari. Susana berbeda ini dinilai cukup positif oleh para pegawai yang mengikutinya.


"Memang kita dianjurkan dokter untuk berjemur pagi hari, menjaga imun tubuh. Tapi bagi yang merasa jabatannya tergeser, mungkin makin panas," kata pria ini sambil bercanda.


Pelantikan 183 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan pada Jumat (30/07/2021), merupakan pertama kali sejak kepemimpinan Bupati Zukri dan Wakil Bupati Nasarudin SH MH sebagai kepala daerah.


Adapun rincian 183 pejabat pejabat yang dilantik dan diambil sumpah yakni pejabat pengawas atau eselon lll sebanyak 49 orang dan pejabat administrator atau eselon lV mencapai 134. Pengambilan sumpah jabatan kali ini digelar di ruangan terbuka yakni di lapangan upacara kantor bupati.


Menurut Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pelalawan, Fakhrurrozy, pengukuhan dan pelantikan kali ini kebanyakan untuk mengisi jabatan yang kosong. Banyak jabatan eselon lll dan lV dijabat Pelaksana tugas (Plt) dan yang belum terisi. Sesuai dengan ya g dijanjikan oleh Bupati Zukri sejak dua bulan ya lalu.


"Sebagian besar untuk mengisi jabatan yang kosong. Ada yang dipromosi dan dirotasi sesuai kebutuhan kekosongan jabatan," tutur Fakhrurrozy.


Dikatakan Fakhrurrozy kekosongan jabatan terjadi lantaran pejabat sebelumnya banyak yang memasuki masa pensiun. Ada juga yang pindah tugas, mengundurkan diri, serta beberapa di antaranya meninggal dunia. Alhasil untuk menjalankan program di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) perlu dilakukan pengisian yang mendesak.


Pelantikan digelar mulai pukul 08.30 WIB, molor setengah jam dari jadwal yang ditentukan dalam undangan. Isu pelantikan ini sudah bergulir sejak dua bulan lalu dan hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Zukri dan Wabup Nasarudin di beberapa acara resmi Pemda Pelalawan.

Ketua DPRD Baharudin: Saatnya Bekerja dan Realisasikan RPJMD


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan menyambut baik pelantikan pejabat eselon lll dan lV yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Pelalawan pada Jumat 30 Juli 2021 pagi sekitar pukul 08.30 WIB.


Ketua DPRD Pelalawan, Baharudin menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pejabat yang dilantik untuk posisi jabatan pengawas dan administrator di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal itu merupakan langkah awal yang baik dalam mengisi kekosongan jabatan serta menjalankan pemerintahan.

Apalagi Bupati Zukri dan Wabup Nasarudin baru dikukuhkan sebagai kepala daerah tiga bulan lalu, perlu pembenahan dan mendukung program Pemda.


"Tetapi sekarang euforia sudah selesai dan saatnya untuk bekerja. Karena banyak tugas yang ada di depan mata. Kami siap untuk mengawasi," terang Baharudin


Dikatakan Baharudin masa jabatan Bupati Zukri dan Wabup Nasarudin hanya tiga tahun lebih. Sepanjang tahun 2021-2024, harus bisa mewujudkan program pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 yang telah disahkan. Pejabat yang terpilih dan dilantik harus menunjukkan kinerja maksimal dalam merealisasikan program tersebut.


Apalagi, lanjut Baharudin, saat ini pandemi Covid-19 yang membatasi kegiatan dan pergerakan dalam melakukan kegiatan maupun program kerja. Bahkan banyak anggaran kegiatan yang dialihkan untuk penanganan Covid-19 sesuai arahan pemerintah pusat untuk refocusing APBD. Alhasil selain keterbatasan gerak, anggaran daerah juga sangat terbatas saat ini.

 


Ia meminta semua OPD harus bekerja keras untuk mewujudkan semua target-target yang ditetapkan oleh kepala daerah. Mengingat pencapaian kinerja Dan serapan anggaran OPD yang masih minim pada pertengahan tahun ini. Hal itu juga harus digesa pelaksanaannya agar tidak keteteran pada akhir tahun nanti.


"Kita dari dewan akan terus mengawasi. Seperti pelayanan publik, penanganan Covid-19, dan program lain yang bersentuhan dengan masyarakat," tukasnya. 

Bupati Zukri Tunjuk 5 Plt Baru, Total Ada 10 Jabatan Eselon ll di Pemkab Pelalawan Dijabat Pelaksana Tugas

Bupati Pelalawan H Zukri kembali menunjuk empat orang pejabat Pelaksana tugas (Plt) untuk jabatan eselon ll di jajaran Pemkab Pelalawan untuk mengisi kekosongan jabatan yang terjadi, Kamis 12 Agustus 2021.


Adapun Plt yang ditunjuk yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang dijabat oleh Sekretarisnya yakni Awaluddin ST MSc. Kemudian Plt Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan ditunjuk Fakhrurrozy yang merupakan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Dua jabatan ini kosong lantaran Kepala Dinas (Kadis) sebelumnya terjerat masalah hukum dan ditahan oleh penegak hukum.


Kemudian Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yakni Abu Bakar FE yang masih menjabat sebagai Kepala Satpol PP dan Damkar. Selanjutnya, Asisten ll Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) ditunjuk Arizal Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda). Terakhir Plt Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) ditunjuk Rusdianto yang merupakan Sekretaris di dinas tersebut.


"Surat Keputusan (SK) sudah diteken pak bupati dan mulai berlaku. Ini untuk kekosongan yang baru-baru ini," ungkap Kepala BKPSDM Pelalawan, Fakhrurrozy.


Kekosongan pejabat terjadi akibat adanya yang terjerat hukum dan sebagian karena ditinggal pensiun oleh pejabat sebelumnya. Alhasil untuk mengisi kekosongan jabatan yang terjadi, Bupati Zukri menunjuk pejabat lain untuk menggantikan tugasnya sementara. Plt akan menjabat sampai ada pelantikan pejabat eselon ll yang defenitif pada posisi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut.


Dengan penambahan Plt ini, total ada 10 jabatan eselon ll yang diduduki oleh pejabat Plt di lingkungan Pemkab Pelalawan. Sebagian ada yang sudah berjalan selama berbulan-bulan dan ada juga yang baru ditetapkan. Selain lima jabatan tersebut, lima jabatan eselon ll lainnya yang dijabat Plt yakni Kepala Inspektorat yang diduduki Tengku Mukhlis yang merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pelalawan.

Plt Sekretaris DPRD dijabat Masri, Plt Dinas Sosial (Dinsos) May Hendri yang jabatan defenitifnya Staf Ahli, Plt Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPTPH) dijabat Budi Surlani dengan jabatan defenitifnya Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).


"Untuk melantik pejabat eselon ll yang defenitif harus melalui lelang jabatan yang izinnya diurus ke Kemendagri," tandas Fakhrurrozy.


Secara kewenangan, antara pejabat Plt dan defenitif hampir tidak ada perbedaannya. Namun untuk keputusan yang substansial harus konsultasi kepada bupati sebagai kepala daerah. Demikian juga terkait gaji maupun tunjangan, sudah jelas diatur dalam undang-undang maupun peraturan terkait