Cara Buat Konten YouTube Dijamin Berhasil, Simak Tipsnya di Sini

cara-buat-konten-youtube.jpg
(pixabay.com)

Penulis : Linda Mandasari

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Saat ini siapa yang tidak kenal dengan yang namanya Youtube? Hampir semua orang menegenal Youtube.

Youtube merupakan situs atau tempat berbagi video dengan skala luas yang ada di dunia. Di Youtube anda akan menemukan berbagai video apa saja.

Karena itu banyak orang yang memilih untuk menjadi konten kreator di beberapa platform salah satunya di Youtube, hal ini sebagai jalan untuk salurkan kreatifitas seperti tips, hobi, ulasan, vloging, berbagi informasi mengenai kuliner, wisata dan sebagainya.

Cukup mudah untuk membuat konten di Youtube, cukup bermodalkan ide, kamera, dan alat penunjang lainnya. Namun bagi anda yang merasa kesulitan merintis kreatifitas untuk eksis karena sudah banyak konten kreator yang bermunculan, kami akan memberikan informasi mengenai Youtube, cara buat konten youtube, simak ulasannya berikut ini.

1. Tentukan ide dan konsep video

Tahap pertama untuk menjadi seorang Youtuber sukses adalah anda harus menentukan ide dan konsep video. Hal ini merupakan faktor terpenting sebelum anda terjun ke dunia Youtuber, dengan tujuan agar orang yang menyaksikan terhibur dan teredukasi dengan konten yang anda buat sehingga akan menambah viewer bahkan subscriber.

Beragam ide yang dapat anda jadikan konten diantaranya Review, Tutorial, Game, Tren sosial, Mukbang dan sebagainya. Ide tersebut harus anda kemas ke dalam konsep pembuatan video yang baik, bagi pemula hal yang terpenting adalah komitmen dan konsisten untuk membuat video agar ide dan konsep baru bermunculan seriring berjalannya waktu.

2. Konten berkualitas dan menarik


Setelah anda mendapatkan ide dan konsep video, selanjutnya hal yang perlu diperhatikan adalah menjadikan ide tersebut menjadi konten berkualitas dan menarik untuk disaksikan. Buatlah konten yang original, padat, jelas dan selalu terupdate. Seorang konten kreator harus memiliki daya imajinasi dan pergerakan dalam mengikuti trend baru. Tidak harus memiliki durasi panjang dalam membuat video atau konten, cukup beberapa menit saja sekitar 5-20 menit agar penikmat Youtube tidak merasa bosan. Terlebih jika konten anda sangat menarik, anda harus totalitas dalam berkreasi di Youtube alias jangan setengah-setengah, lakukan sepenuh hati dalam membuat konten.

3. Memiliki perlengkapan videografi dan editing

Mac!

Memiliki perlengkapan videografi dan editing / pixabay.com

 

Selanjutnya jika kanda ingin memulai menjadi konten kreator youtube, cara buat konten selanjutnya yaitu persiapkan alat penunjang untuk membuat video seperti kamera, tripod, microfone untuk kebutuhan videografi dan laptop atau handphone untuk editing video. Bagi pemula kemungkinan peralatan penunjang masih terbatas, namun tidak masalah terus konsisten dengan membuat konten terbaik, menciptakan konten Youtube yang baik memang diperlukan perjuangan usaha, tenaga dan modal agar memberikan hasil yang maksimal.


4. Perhatikan beberapa aspek

Aspek yang harus anda perhatikan sebelum upload video adalah dengan menentukan judul video yang mengandung keyword atau SEO (Search Engine Optimization) agar video anda muncul dipencarian, tentukan Thumbnail atau yang biasa disebut dengan cover, tampilkan cover semenarik mungkin. Selanjutnya buatlah deskripsi yang jelas, cantumkan tag yang sesuai dan jaringan internet yang baik atau stabil.

5. Kolaborasi dan promosikan Youtube channel

Menjangkau penonton yang lebih luas dengan kolaborasi - YouTube

Kolaborasi dan promosikan Youtube channel / pixabay.com

Tidak mudah untuk meningkatkan viewers, subscribers dan traffic. Namun jangan pernah putus asa, banyak cara agar meningkatkan ke tiga aspek tersebut diantaranya dengan melakukan kolaborasi dengan Youtuber yang sudah cukup dikenal banyak masyarakat alias memiliki banyak subcricers, kemudian anda dapat mempromosikan akun Youtube di semua platform media sosial yang anda miliki seperti twitter, instagram, facebook dan lain sebagainya.

Sekian informasi mengenai Youtube, cara buat konten youtube, semoga informasi yang Riau Online berikan memberikan manfaat bagi pembaca.