Terungkap Alasan Dinas Kesehatan Riau Vaksin Warga Pakai Moderna

Nakes-divaksin-Moderna.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menyampaikan alasannya kenapa warga sekarang sudah bisa mendapatkan suntik vaksin Covid-19 jenis moderna.


Awalnya memang vaksin Covid-19 jenis moderna ini hanya disuntik kepada tenaga kesehatan untuk booster ketiga.  Ia menyebut alasan pertama asal warga yang menerima moderna belum ada disuntik vaksin.

 
Alasan kedua, sesuai alokasi dari pusat ada juga dialokasi untuk warga. Ketiga, asalkan ada ketersedian vaksin jenis moderna di daerah masing-masing.

 

"Iya yang pertama datang itu memang untuk tenaga kesehatan booster ketiga. Tentunya dalam perencanaan dari kementerian kesehatan ada yang memang sudah dialokasi untuk masyarakat," kata Mimi, Rabu, 25 Agustus 2021 kepada RiauOnline di Gedung Balai Pauh Janggi.

 
Selanjutnya, juga sesuai ketersedian di wilayah masing-masing. "Jadi makanya masyarakat sudah boleh divaksinasi dengan merek moderna sesuai dengan ketersediaan di wilayah masing-masing," sebutnya.


 
Pihaknya juga menyebut sesuai dengan petunjuk kementerian kesehatan, bahwa vaksin jenis moderna sudah bisa diberikan kepada warga.

 

 

 
"Kemudian, ada moderna yang untuk masyarakat dengan syarat masyarakat belum sama sekali divaksin. Jadi untuk vaksinasi yang pertama, begitu juga astrazeneca," pungkasnya.