Kasus Covid-19 di Pekanbaru Turun saat PPKM Level 4 Tahap 3

Rapat-evaluasi-pelaksanaan-PPKM.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Jumlah kasus Covid-19 pada PPKM level 4 tahap 3 cenderung mengalami penurunan drastis dibanding PPKM level 4 tahap 2. Terjadi penurunan dari 5.102 kasus menjadi 2.604 kasus. 

 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra mengatakan, penurunan kasus hingga 2.498 kasus.

 

"Kondisinya ada penurunan kasus pada PPKM level 4 tahap 3 ini," terangnya, Senin 23 Agustus 2021.

 

Ia menyebut, mayoritas pasien menjalani isolasi terpadu di hotel dan lokasi milik pemerintah. Ada juga yang menjalani perawatan medis di rumah sakit. Pihaknya berupaya agar tidak terjadi lagi peningkatan kasus.

 

"Kasus Covid-19 yang cenderung menurun berdampak pada positivity rate di Kota Pekanbaru. Positity rate mencapai 19,6 persen," terangnya.


 

Arnaldo menyebut, pihaknya berupaya menigkatkan pemeriksaan terhadap kontak erat pasien Covid-19. Diketahui pemeriksaan kontak erat pasien dalam satu hari mencapai 1.664 orang. 

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus juga menilai secara umum dalam dua pekan ini terjadi penurunan kasus Covid-19 dalam PPKM. Ia menyebut, kelanjutan PPKM level 4 Kota Pekanbaru sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo.

 

"PPKM level 4 di Kota Pekanbaru berlanjut sesuai arahan Pak Presiden. Evaluasi kita lakukan, walau kasusnya turun, kita masih level 4. Kita berpedoman pada hasil analisasi satgas pemerintah pusat," terangnya, Senin malam usai rapat PPKM levek 4 tahap 3.

 

 

 

Dikatakan Firdaus, meski Kota Pekanbaru masih di level 4. Namun ada sejumlah kelonggaran untuk aktivitas ekonomi selama PPKM level 4 lanjutan ini.

 

Ia berharap masyarakat yang ada di sektor ekonomi tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat. "Jadi dari hasil evaluasi ada kelonggran untuk aktivitas di sektor ekonomi," ujarnya.