Curah Hujan Tinggi, PUPR Pekanbaru Waspadai Aliran Sungai Sibam

Pomi.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tingginya curah hujan di wilayah Pekanbaru sejak beberapa hari  perlu diwaspadai Pemko Pekanbaru. Hujan dengan intesitas sedang hingga deras berpotensi terjadinya banjir di beberapa titik kawasan.

Mengatasi hal ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru melakukan normalisasi.

Sungai Sibam yang berada di Kecamatan Bina Widya menjadi satu fokus normalisasi. PUPR melakukan normalisasi secara berkala. Ada alat berat untuk normalisasi sungai yang sudah dua kali beroperasi dalam tahun ini.

"Kita melakukan normalisasi untuk mencegah luapan air sungai ke sejumlah pemukiman di sekitarnya," terang Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Senin 23 Agustus 2021.


Pihaknya juga sempat membangun tanggul di sekitar Sungai Sibam. Sayangnya tanggul itu hanyut terbawa banjir sehingga tim memperbaiki tanggul yang jebol.

"Di Kawasan Air Hitam, Cipta Karya dan Kulim. Kita juga lakukan normalisasi di drainase utama, seiring penggantian gorong-gorong yang ada," terangnya.

Pihaknya juga bersiap melakukan normalisasi Sungai Sail. Mereka melakukan kerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) untuk pengerukan endapan di aliran Sungai Sail.

Kota Pekanbaru sudah memiliki master plan penanganan banjir. Kerja sama juga dijalin dengan Kabupaten Kampar dalam menanggulangi banjir. Kedua pihak sudah melakukan survei lapangan untuk mencari titik masalah banjir serta menginventarisir titik banjir di perbatasan kota.

"Kita sudah bahas bersama pemerintah Kabupaten Kampar sudah sepakat membenahi titik banjir masing-masing," ulasnya.