276 Pelamar CASN Pemko Pekanbaru Sanggah Hasil Seleksi Administrasi

tes-cpns4.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 276 pelamar seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pemerintah Kota Pekanbaru menyampaikan sanggahan hasil seleksi administrasi.

Sanggahan dilayangkan karena dianggap tidak memenuhi syarat. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru, sebelumnya telah memberi masa sanggahan.

BKPSDM merinci, dari 276 orang pelamar yang melayangkan sanggahan, 256 orang dari formasi CPNS. Sebanyak 20 orang dari formasi PPPK.

"Kita sudah terima sanggahan dari 276 orang pelamar," terang Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru, Baharuddin, Kamis 12 Agustus 2021.

Menurutnya, sanggahan yang disampaikan cukup beragam. Ada sanggahan terkait akreditasi, ijazah atau kualifikasi pendidikan dan surat lamaran tujuan selain Wali Kota Pekanbaru.


Selanjutnya terkait surat tanda registrasi, surat pernyataan, transkrip, materai dan surat keterangan kerja. Ia menyebut bahwa masa sanggah bagi para calon pelamar sudah berakhir.

Pihaknya kini masih proses verifikasi terhadap berkas sanggahan. Mereka segara menjawab sanggahan dari para calon pelamar seleksi CASN. Tim panitia segera mengumumkan jawaban atas sanggahan tersebut pada 15 Agustus 2021 besok.

Ada 715 orang pelamar tidak lolos seleksi administrasi CASN dari total pelamar sebanyak 5.645 orang pelamar. Mereka yang memenuhi syarat sebanyak 4.930 orang.

Kebanyakan CPNS tidak memenuhi syarat karena surat lamaran tidak sesuai format. Daerah atau instansi tujuan surat lamaran tidak sesuai. Ada juga pelamar dari kampus yang tidak ada akreditasi.

Pelamar yang tidak lolos juga karena tidak sesuai formasi atau kualifikasi pendidikan. Ada juga karena IPK di bawah syarat minimal. Sedangkan calon PPPK yang non guru kebanyakan tidak memenuhi syarat karena tidak melampirkan pengalaman kerja.

Ada juga pengalaman kerja kurang dari tiga tahun dan surat tanda registrasi tidak berlaku lagi. Tim seleksi sudah mengumumkan hasil seleksi CASN. Ada 2.410 dari 3.062 pelamar memenuhi syarat dalam formasi CPNS.

Sedangkan formasi PPPK untuk PPPK guru pelamar mencapai 2.468 orang. Kemendikbud Ristek mengumumkan langsung PPPK guru.
Lalu PPPK Non Guru jumlah pelamar yang memenuhi syarat sebanyak 52 dari 115 pelamar.

Pelamar yang lolos seleksi administrasi memperebutkan 313 formasi yang ada dalam seleksi CASN Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021. Formasi CPNS tahun ini sebanyak 33 formasi, untuk PPPK sebanyak 280 formasi.