715 Pelamar Tidak Lolos Seleksi Administrasi CASN 2021 Pemko Pekanbaru

CPNS11.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru mencatat ada 715 pelamar tidak lolos seleksi administrasi CASN. Mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam Seleksi CASN ini.

 

Jumlah pelamar pada seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 di Pemerintah Kota Pekanbaru ada 5.645 orang. Mereka yang memenuhi syarat sebanyak 4.930 orang.

 

Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru, Baharuddin menyebut, kebanyakan CPNS tidak memenuhi syarat karena surat lamaran tidak sesuai format. Daerah atau instansi tujuan surat lamaran tidak sesuai.

 

 

Ada juga pelamar dari kampus yang tidak ada akreditasi. Mereka juga tidak sesuai formasi atau kualifikasi pendidikan.

 

Pelamar yang tidak lolos ada juga yang karena IPK di bawah syarat minimal. Sedangkan calon PPPK yang non guru kebanyakan tidak memenuhi syarat karena tidak melampirkan pengalaman kerja.

 

"Ada juga pengalaman kerja kurang dari tiga tahun dan surat tanda registrasi tidak berlaku lagi. Jadi yang tidak memenuhi syarat bisa menyampaikan sanggahan dalam tiga hari ke depan," jelasnya, Selasa 3 Agustus 2021.


 

Menurutnya, tim seleksi sudah mengumumkan hasil seleksi CASN. Para pelamar bisa mengakses pengumuman di bkpsdm.pekanbaru.go.id.

 

 

Baharuddin merinci bahwa untuk formasi CPNS ada 2.410 dari 3.062 pelamar memenuhi syarat. Sedangkan formasi PPPK untuk PPPK guru pelamar mencapai 2.468 orang.

 

Kemendikbud Ristek mengumumkan langsung PPPK guru. Lalu PPPK Non Guru jumlah pelamar yang memenuhi syarat sebanyak 52 dari 115 pelamar. 

 

Pelamar yang lolos seleksi administrasi memperebutkan 313 formasi yang ada dalam seleksi CASN Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021. Formasi CPNS tahun ini sebanyak 33 formasi. Sedangkan formasi PPPK sebanyak 280 formasi.