Hasil Evaluasi PPKM Level 4, Sekdako Klaim Kepatuhan Capai 90 Persen

Muhammad-Jamil5.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Tim Satgas Covid-19 sudah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PPKM level 4. Mereka mengklaim tingkat kepatuhan di sektor esensial dan kritikal mencapai 90 persen.

 

"Kita melihat sudah banyak masyarakat yang mengikuti kebijakan dalam PPKM level 4," jelas Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil kepada media, Selasa 2 Agustus 2021.

 

Jamil menilai tim yang bertugas selama PPKM level 4 sudah optimal melakukan pengawasan. Ia tidak menampik masih ada sejumlah oknum pelaku usaha dan masyarakat yang melanggar regulasi selama PPKM level 4.

 

 

 

Tim juga langsung memberi sanksi kepada para pelanggar. Ia menyebut bahwa sektor hotel dan restoran juga sudah mengikuti regulasi selama pembatasan aktivitas masyarakat.

 

"Ada satu atau dua yang kita temukan melanggar, maka tim di lapangan langsung memberi teguran agar ditindak tim gakkum," terangnya

 

Jamil mengaku tim juga mengalami sejumlah hambatan selama bertugas. Kendala yang ada bakal jadi catatan khusus terkait kelanjutan pelaksaan PPKM level 4 nantinya.


 

"Memang ada sejumlah catatan dalam PPKM, nanti kita berbenah agar bisa optimalkan pelaksaan PPKM level 4," ujarnya.

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menegaskan bahwa PPKM level 4 di Kota Pekanbaru berlanjut hingga satu pekan ke depan. Sesuai pernyataan Presiden RI, PPKM level 4 berlanjut hingga 9 Agustus 2021 mendatang.

 

Pemerintah kota mengikuti kebijakan pemerintah pusat terkait perpanjangan PPKM level 4. Firdaus mengaku pemerintah kota sudah siap melanjutkan PPKM level 4  ke tahap II.

 

"Intinya kita sudah siap, apalagi sudah ada keputusan pemerintah pusat memperpanjang PPKM level 4 di Kota Pekanbaru," terangnya, Senin 2 Juli 2021, petang.

 

Pemerintah kota juga sudah ikut rapat evaluasi bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia akhir pekan kemarin. Kota Pekanbaru termasuk daerah yang melanjutkan ke PPKM level 4 tahap II. 

 

Hasil evaluasi PPKM level 4 di Kota Pekanbaru,  secara umum angka kasus Covid-19 mengalami kenaikan kasus pada pekan lalu. Kenaikan kasus bakal jadi perhatian tim satgas dalam PPKM level 4 tahap II. 

 

"Kita antinya fokus pada upaya pencegahan Covid-19. Tim fokus dalam mencegah penyebaran Covid-19 dari hulu. Kita juga bersiap mengantisipasi lonjakan kasus," paparnya.

 

Ia menyebut, alasan kuat penerapan PPKM level karena Kota Pekanbaru masuk satu dari sepuluh kota luar Jawa dengan penularan yang tinggi. Maka pemerintah kota menanti kebijakan pemerintah pusat.