Waduh, Firdaus Bilang Penyekatan Ruas Jalan di Pekanbaru Bakal Bertambah

Penyekatan-jalan-PPKM-Level-4.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menegaskan bahwa PPKM level 4 di Kota Pekanbaru berlanjut hingga satu pekan ke depan. Sesuai pernyataan Presiden RI, PPKM level 4 berlanjut hingga 9 Agustus 2021 mendatang.

 

Secara umum, Firdaus menyebut hasil evaluasi PPKM level 4 di Kota Pekanbaru mendapati angka kasus Covid-19 belum mengalami penurunan. Ada sejumlah catatan dalam PPKM level 4 tahap I.

 

Catatan ini menjadi evaluasi untuk pelaksanaan PPKM level 4 tahap II. Firdaus mengatakan bakal memperbaiki penanganan pada PPKM tahap I. Timnya berencana menambah penyekatan di ruas jalan tertentu.

 

"Kita tidak bisa hindari penyekatan yang ada di ruas tertentu selama PPKM," terangnya, Selasa 3 Agustus 2021.

 

Menurutnya, adanya penyekatan ini untuk membatasi pergerakan masyarakat selama PPKM level 4. Ia menyebut, satu kebijakan untuk berkantor selama PPKM level 4 bagi sektor non esensial 100 persen bekerja dari rumah.

 


Firdaus menyadari penyekatan selama ini membuat masyarakat malah mencari jalan alternatif di sejumlah jalan pemukiman. Ia menilai bahwa masyarakat sudah jenuh dan  sulit sehingga terpaka bergerak.

 

"Masyarakat yang harus bekerja selama PPKM level 4 tetap diberi ruang. Pembatasan ini agar masyatakat tanpa kepentingan tidak pergi keluar rumah. Yang keluar untuk bekerja, tetal kita support. Tetap bisa beraktivitas," paparnya.

 

Regulasi PPKM level 4 tahap II di Kota Pekanbaru tidak ada perubahan. Ia mengakui regulasi dan poin aturan masih sama seperti PPKM level 4.

Firdaus menyebut bahwa sektor esensial dan kritikal tetap beraktivitas di kantor dengan sejumlah pembatasan. Mereka juga harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

 

"PPKM level 4 ini untuk penguatan penanganan di hulu. Caranya memperkuat upaya pencegahan sehingga mengotimalkan penelusura terhadap kasus dan penanganan di hilir untuk perawatan," jelasnya.

 

Dirinya menyebut dengan pencegahan yang lebih baik bisa menekan penyebaran kasus. Cara ini untuk mencegah lonjakan kasus yang menyebabkan tingginya kebutuhan ruang perawatan bagi pasien Covid-19.