Kasus Covid-19 Pekanbaru Melonjak Saat PPKM Level 4, Kok Bisa?

Virus-corona67.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Penambahan kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru cenderung meningkat pada PPKM level 4. Ada penambahan 700 kasus baru dalam sehari pada akhir pekan ini.

Kenaikan kasus ini menyusul meningkatnya penelusuran tim medis terhadap kontak erat pasien Covid-19. Kenaikan kasus juga seiring dengan peningkatan jumlah masyarakat yang menjalani tes PCR.

"Hal ini untuk mengantisipasi kasus Covid-19 lebih dini dan penanganan lebih cepat," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Minggu 1 Agustus 2021.

Ia menjelaskan, tambahan sebanyak 700 kasus pada, Sabtu 31 Juli 2021 kemarin karena sampelnya diambil dua atau tiga hari sebelumnya. Pengumuman kasus pun meledak karena sudah terakumulasi selama beberapa hari.


"Kemungkinan itu baru diumumkan. Padahal sudah masuk tiga hari lalu, jadi sebenarnya kasus yang diumumkan hari ini bisa jadi hasil tes dua atau tiga hari lalu," paparnya.

Kapasitas sampel PCR yang ada hanya bisa menguji sekitar 150 hingga 200 sampel PCR dalam sehari. Kasus yang meningkat ada kemungkinan akumulasi hasil tes PCR yang baru keluar.

Firdaus menilai pelaksaan PPKM level 4 saat ini cukup efektif. Ia berharap pembatasan ini bisa menurunkan jumlah kasus Covid-19.

"Kita berharap kasus Covid-19 bisa menurun pasca PPKM level 4," ujarnya.

Menurutnya, tim satgas Covid-19 Kota Pekanbaru berupaya agar kasus Covid-19 bisa menurun. Apalagi dengan kapasitas laboratorium molekuler di RSD Madani Kota Pekanbaru yang terbatas.