PPKM Level 4, Stok Vaksin di Pekanbaru Kosong

Bus-Vaksin-Pemko.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru sulit mengakses layanan vaksin selama dua pekan ini. Pasalnya, pasokan vaksin Covid-19 di Kota Pekanbaru hingga saat ini masih kosong.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru juga belum memastikan kedatangan vaksin baru. Padahal dalam PPKM Level 4 masyarakat yang hendak melewati penyekatan mesti berbekal kartu vaksin minimal dosis vaksin pertama.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus tidak menampik bahwa pasokan vaksin masih terbatas. Ia mengaku ada kendala pasokan vaksin di pemerintah pusat.

"Ada kemungkinan baru normal pada awal Agustus 2021 nanti," terangnya, Senin 26 Juli 2021.


Ia menyebut, capaian vaksinasi di Kota Pekanbaru sudah cukup baik hingga jumlahnya hampir 300 ribu penerima vaksin. Menurutnya, vaksinasi sudah digelar dalam vaksinasi massal dan vaksinasi reguler.

"Kita juga berupaya menuntaskan masyarakat yang belum menerima vaksin kedua," jelasnya.

Kebutuhan dosis vaksin kedua mencapai 82.000 dosis. Pemerintah kota berupaya untuk menuntaskan pemberian vaksin yang tertunda.

Firdaus menyebut bahwa pemberian vaksin di Kota Pekanbaru ditargetkan tuntas pada akhir tahun 2021. Ada 845.274 orang harus menerima vaksin hingga akhir tahun ini.