Cara Mahasiswa Edukasi Masyarakat Desa Agar Mau Divaksin

kkn-maha.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) di Desa Lipat Kain Selatan, Kampar, Riau turut mengajak masyarakat dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 dinas kesehatan setempat.

Ketua Kuekerta Ahmad Alfaruqi menceritakan, mahasiswa Kukerta memasang spanduk mengajak vaksinasi di lokasi strategis yang sering dilalui masyarakat. Begitu pula di dekat posko PPKM ataupun posyandu desa.

"Ajakan dan seruan dari pemerintah agar masyarakat mau di vaksin menjadi lebih tersampaikan dan mudah untuk dipahami penduduk desa," kata Ahmad Alfaruqi, Minggu, 25 Juli 2021.

Dia mengakui masih ada anggapan negatif hingga dari warga desa hingga takut divaksin.

"Ada menyebut vaksin belum aman, khawatir akan efek sampingnya, vaksin belum halal dan lainnya. Pandangan seperti inilah yang memunculkan ide. Kami Mahasiswa Kukerta untuk melakukan edukasi dengan metode self to self atau dari rumah ke rumah," sebutnya.


Ahmad Alfaruqi melanjutkan tim mahasiswa yang akan melakukan edukasi dibagi menjadi beberapa kelompok dan menyebar dari pintu ke pintu masing-masing rumah masyarakat.

"Penyampaian dilakukan secara langsung dengan pendekatan pribadi. Cara ini juga menghindari kerumunan yang menimbulkan resiko lebih untuk penyebaran Covid-19. Selain edukasi Covid-19, kegiatan ini juga dimanfaatkan sekalian oleh mahasiswa untuk pengecekan/screening kecil kesehatan masyarakat," ungkapnya.

"Di antara yang di cek adalah tekanan darah, berat badan dan tinggi ideal. Data yang didapat lalu diarsipkan untuk keperluan data kesehatan desa/posyandu," imbuhnya.

Ia menyampaikan, untuk menimbulkan kesan jangka panjang, mahasiswa Kukerta juga memberikan secara gratis handsanitizer yang diracik sendiri oleh tim kukerta menggunakan panduan WHO.

"Kita juga ada pemasangan stiker vaksinasi yang didesain sendiri juga oleh tim kukerta. Stiker tentang ajakan vaksin, penjelasan tentang vaksin yang aman untuk masyarakat ini bagikan dan ditempelkan ke dinding atau pintu rumah masyarakat Desa Lipat Kain Selatan," jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan ada kegiatan sosialisasi dan edukasi ini dapat memberikan rasa aman dan percaya terhadap vaksinasi Covid-19.

"Harapan Mahasiswa Kukerta juga adalah harapan kita semua, pandemi berangsur berakhir, masyarakat dapat vaksinasi menyeluruh yang sehat, aman dan halal dipakai. Penyebaran virus Covid-19 bisa lebih ditekan dan dapat diatasi," pungkasnya.