Pasokan Vaksin di Pekanbaru Terus Menipis, Prioritaskan Dosis Vaksin Kedua

Arnaldo-Eka-Putra2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kota Pekanbaru masih membutuhkan tambahan pasokan vaksin Covid-19. Pasokan yang ada belum menucukupi kebutuhan vaksin bagi masyarakat.  

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru pun mengajukan tambahan pasokan vaksin sebanyak 92.000 dosis vaksin. Mereka sudah mengajukannya ke Dinas Kesehatan Provinsi Riau agar mendapat pasokan tambahan dari pemerintah pusat. 

 

Jumlah tersebut hanya mencukupi kebutuhan vaksin masyarakat hingga awal Agustus 2021 mendatang. Pasokan vaksin ini prioritas bagi vaksin dosis kedua.

 

"Jumlah kebutuhan kita untuk dosis kedua cukup besar," terang Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra, Selasa 13 Juli 2021.

 

Dirinya tidak menampik pasokan vaksin di Kota Pekanbaru terus menipis. Mereka sudah mengajukan kebutuhan vaksin bagi masyarakat. Apalagi jumlah penerima vaksin kian bertambah.

 


Jumlah penerima vaksin Covid-19 di Kota Pekanbaru bertambah seiring kebijakan anak-anak dan remaja bisa mendapat suntikan vaksin. Mereka yang bisa mendapat suntikan vaksin hanya usia 12 hingga 17 tahun.

 

Arnaldo mengatakan bahwa ada penambahan 123.053 orang. Jumlah ini bisa bertambah karena belum semua anak terdata dalam penerima vaksin.

 

 Awalnya jumlah penerima vaksin Covid-19 di Kota Pekanbaru sebanyak 722. 221. Total jumlah penerima vaksin menjadi 845.274 orang.

 

Ia menyarankan masyarakat yang belum mendapat suntik vaksin pertama bisa datang ke rumah sakit atau puskesmas. Mereka juga bisa mendapatkannya di layanan bus vaksin keliling.

 

"Semuanya menyediakan dosis pertama, tapi kendalanya pasokan vaksin masih terbatas. Kalau sudah ada kita salurkan," paparnya.