Pemko Pekanbaru Pertimbangkan Pasar Cik Puan Dibangun Oleh Swasta

kaji-cikpuan.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kelanjutan pembangunan Pasar Cik Puan masih dikaji Pemerintah Kota Pekanbaru. Mereka belum memastikan rencana penbangunan pasar di Jalan Tuanku Tambusai.

"Kita masih kaji ulang, kita juga menanti arahan dari Pak Wali, terkait kelanjutan pembangunan pasar ini," jelas Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, Minggu 11 Juli 2021.

Menurutnya, ada sejumlah opsi dalam melanjutkan pembangunan pasar ini. Satu opsi yakni dibangun oleh investor atau swasta.

Pemerintah kota sedang mengkaji formulasi sehingga pasar itu dikelola oleh pihak ketiga. Satu keuntungan dikelola oleh swasta yakni tidak membebani keuangan daerah.


Jamil menyebut nantinya pemerintah mempertimbangkan swasta untuk kelanjutan pembangunan pasar ini. Bangunan pasar ini sudah lama terbengkalai. Hngga kini belum ada perkembangan berarti pasca mangkrak sejak tahun 2012 silam.

"Apalagi proses pembangunan pasar itu masih berlanjut. Kita berencana diperluas lagi bangunan pasar ini," tuturnya.

Pemerintah Provinsi Riau resmi menyerahkan aset Pasar Cik Puan kepada Pemerintah Kota Pekanbaru pada 30 April 2021 lalu. Pemerintah kota menyambut baik hal tersebut.

Proses pembangunan pasar ini bakal berlanjut. Kondisi fisik pasar itu masih terbengkalai hingga kini. Pembangunannya berlangsung pada tahun 2010 silam.