Pendaftaran Penerimaan Siswa Baru SD dan SMP Sudah Dibuka

PPDB-Online4.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sebanyak 250 Sekolah Dasar (SD) dan 74 SMP di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sudah membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

PPDB tingkat SD dan SMP ini telah dibuka sejak Sabtu, 3 Juli 2021 kemarin sampai dengan 7 Juli 2021. PPDB dilaksanakan secara manual.

"PPDB tingkat SD dan SMP sudah dibuka mulai 3 - 7 Juli 2021," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikda) dan PK-PL, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kuansing, Banjirman kepada Riau Online, Sabtu, 3 Juli 2021.


Pelaksanaan PPDB mengacu pada SK Bupati Kuansing Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada jenjang TK, SD dan SMP Tahun Pelajaran 2021/2022. Sementara untuk TK, pelaksanaan PPDB akan digelar mulai 6-9 Juli 2021.

Banjirman mengatakan, untuk persyaratan sendiri diserahkan kepada masing-masing sekolah baik SD maupun SMP. PPDB tingkat SD dan SMP dilakukan secara manual dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Untuk jenjang SD dan SMP pendaftaran akan menggunakan zonasi. Jalur zonasi paling sedikit 70 persen dari jumlah peserta didik yang diterima. Sementara jalur afirmasi paling sedikit 15 persen dari jumlah peserta didik yang diterima.

Dan untuk jalur perpindahan tugas orang tua/wali 5 persen dari peserta didik yang akan diterima. Kemudian untuk jalur prestasi itu dari sisa kuota jalur zonasi, jalur afirmasi dan jalur perpindahan orang tua.