Bupati Andi Putra Kenalkan Program Home Care, Apa itu?

home-care.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dalam Rancangan Awal Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau Tahun 2021-2026 ada yang namanya program "Kuansing Home Care".

Program tersebut masuk program prioritas Bupati Kuansing Andi Putra dan Wakil bupati Kuansing Suhardiman Amby dalam Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Kuansing Tahun 2021-2026.

Lantas apa maksud program Kuansing Home Care tersebut? Program tersebut sangat besar manfaatnya bagi masyarakat di Kabupaten Kuansing terutama bagi masyarakat lanjut usia dan jompo yang tidak mampu datang ke Puskesmas atau Rumah Sakit untuk berobat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kuansing, Ir Maisir dalam pemaparannya mengatakan, maksud program Kuansing Home Care adalah apabila ada warga Kuansing terutama lanjut usia tidak bisa dibawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit maka dokter akan datang kerumah.

"Warga yang lanjut usia tidak bisa dibawa ke rumah sakit atau puskesmas, maka dokter akan datang kerumah," kata Maisir dalam pemaparannya pada acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Kuansing Tahun 2021-2026 di pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing, Rabu, 30 Juni 2021.

Acara tersebut dihadiri langsung Bupati Kuansing Andi Putra, SH, MH, Wakil bupati Kuansing Suhardiman Amby, Ketua DPRD Kuansing, Dr Adam, SH, MH, Pelaksana tugas (Plt) Sekda Kuansing, Agusmandar, Kepala Bappeda Litbang Ir Maisir , Forkopimda, Kepala OPD dan undangan lainnya.

 


Kegiatan tersebut juga dilakukan secara virtual, dimana sejumlah tokoh masyarakat Kuansing termasuk IKKS yang berada di luar daerah juga ikut dalam forum konsultasi publik membahas RPJMD Kuansing untuk lma tahun yang akan datang.

Sementara Bupati Kuansing Andi Putra mengatakan, program tersebut menjadi program prioritas dirinya bersama Wabup Kuansing Suhardiman Amby lima tahun kedepan. Dokter dan tenaga medis tidak hanya terfokus memberikan pelayanan di Puskesmas, tapi juga turun melayani masyarakat apabila ada yang tidak bisa dibawa ke rumah sakit  atau puskesmas.

"Program Kuansing Home Care ini dimana dokter mengunjungi masyarakat kita yang sakit terutama bagi orang tua kita yang lansia dan jompo," katanya.