Sejumlah Capaian Pembangunan Sepuluh Tahun Firdaus-Ayat Memimpin Kota Pekanbaru

capaian-firdaus.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus dan Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi sudah dua periode memimpin Kota Pekanbaru. Banyak capaian pembangunan selama keduanya memimpin.

Keduanya berupaya agar Kota Metropolitan yang Madani terwujud sesuai visi dan misi. Ada sejumlah inovasi dan capaian pembangunan sudah dihadirkan Firdaus-Ayat dalam memimpin kota.

Mereka menggagas hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru untuk berbagai pelayanan yang terintegrasi. Keduanya juga melakukan revolusi mental dalam pembangunan sumber daya manusia hingga saat ini.

Program pembangunan juga terlihat dalam peningkatan di sektor pendidikan, kesehatan, keagamaan dan kependudukan. Mereka juga berhasil mendorong pembangunan infrastruktur sektor transportasi, kelistrikan, gas, air bersih, sanitasi serta sarana dan prasarana pemukiman.

Sedangkan untuk capaian di sektor ekonomi tergambar pada sektor ekonomi makro, investasi, perdagangan, industri dan pariwisata. Capaian di sektor infrastruktur pemerintahan, pajak dan retribusi, kepegawaian dan administrasi wilayah juga terlihat.

Capaian itu di antaranya pembangunan jalan aspal, jalan tol Pekanbaru-Dumai, jalan lingkar luar, fly over, Jembatan Siak IV, PLTU, PLTG hingga ruang terbuka hijau. Juga percepatan rumah layak huni, pusat perbelanjaan, hotel hingga Kawasan Industri Tenayan (KIT) yang nantinya akan menjadi pusat kegiatan Industri strategis di Kota Pekanbaru.


Saat ini juga sudah ada RSD Madani dan layanan puskesmas yang terus meningkat pelayanannya. Untuk sektor pendidikan terlihat dengan hadirnya SMP Madani dan penambahan jumlah sekolah.

Firdaus-Ayat juga menggagas program masjid paripurna di berbagai tingkatan. Keduanya juga meraih aneka penghargaan dan apresiasi atas capaian pembangunan, satu di antaranya Satya Lencana Pembangunan.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat. Ia mengatakan, banyak dukungan dari bebagai pihak selama memimpin Kota Pekanbaru.

Firdaus sudah satu dekade memimpin kota bersama Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi. Mereka sudah memimpin pemerintah kota selama dua periode.

Sejumlah program pembangunan sudah tercapai. Ada juga serangkaian prestasi sudah diperoleh pemerintah kota.

Semua itu diperoleh dengan dukungan seluruh elemen masyarakat. Mereka mendukung percepatan pembangunan fisik dan sumber daya manusia di Kota Pekanbaru.

Menurutnya, untuk melakukan percepatan pembangunan selama satu dekade ini mereka butuh dukungan semua pihak. Apalagi anggaran pemerintah saat ini semakin terbatas. Anggaran tersebut hanya menjadi stimulus.

"Maka dengan adanya inovasi dan kerjasama semua pihak, tentu percepatan pembangunan bisa dilakukan," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus saat Peringatan Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-237, Rabu 23 Juni 2021.

Firdaus mengatakan bahwa prosesi peringatan hari jadi Kota Pekanbaru ke -237 berlangsung secara virtual. Mereka yang hadir secara langsung terbatas untuk menjaga protokol kesehatan secara ketat.

Firdaus memastikan proses pengaturan lokasi sudah sesuai protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19. Para harus memakai masker dan tetap menjaga jarak. (adv)