64 Titik Panas Terpantau di Sumatera, 12 Titik di Riau

Titik-panas3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera, Jumat, 11 Juni 2021.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami mengatakan, ada 64 titik panas terpantau di Pulau Sumatera. Titik panas menurun dibanding hari Senin lalu sebanyak 119 titik.

"64 titik panas tersebut tersebar di delapan provinsi dengan sebaran terbanyak di Provinsi Jambi, lalu menyusul Sumatera Utara," katanya.

Adapun penyebaran titik panas terdapat di Bengkulu ada satu titik, Jambi 14 titik, Lampung tiga titik, Sumatera Barat delapan titik, umatera Selatan 12 titik.


"Sumatera Utara 13 titik. Kepulauan Riau satu titik dan Riau 12 titik," ujarnya.

Untuk wilayah Riau tersebar di Kabupaten Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Rokan Hulu, dan Pekanbaru ada satu titik.

"Pelalawan dan Indragiri Hilir ada tiga titik," ucapnya.

Seluruhnya titik panas berada di level rendah dan sedang. Tepatnya dua titik di level rendah dan 20 titik di level sedang.

Wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada atau tidak aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 24.0 - 34.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 95 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 05 – 36 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 1.25 meter (rendah).