Ada 63 Titik Panas Terpantau di Sumatera, Riau Sumbang Berapa?

analis-bmkg.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya kenaikan hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera, Jumat, 4 Juni 2021.

 

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yudhistira Mawaddah mengatakan, ada 63 titik panas yang terpantau di Pulau Sumatera. Sebelumnya 44 titik panas. 

 

"63 titik panas tersebut tersebar di tujuh provinsi dengan sebaran terbanyak di Provinsi Sumatera Selatan, lalu menyusul Bangka Belitung," katanya. 

 

 

Untuk sebaran titik panasnya sendiri, Bengkulu ada lima titik. Jambi empat titik, Lampung ada delapan titik. Sumatera Selatan 22 titik. Kepulaun Riau satu titik. 

 

"Bangka Belitung ada 17 titik, sedangkan Riau ada enam titik," ujarnya. 

 

Untuk wilayah Riau, titik panas berada di Indragiri Hulu dua titik, Kuantan Singingi satu titik, dan Pelalawan tiga titik. 


 

 

 

 

Dari beberapa jumlah di atas, hampir seluruhnya berada di level rendah dan sedang. Tepatnya dua titik di level rendah dan 20 titik di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada atau tidak aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

 

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 24.0 – 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 95 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara – Barat Daya /dengan kecepatan 05 – 36 Km/jam.

 

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.50 meter.