Gubernur Imbau Pasien OTG Isolasi di Faskes Pemerintah agar Tak Tulari Keluarga

Senam-untuk-pasien-OTG.jpg
((KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO))

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Gubernur Riau Syamsuar membeberkan penting bagi pasien positif Covid-19 bergejala ringan atau disebut orang tanpa gejala (OTG) isolasi di fasilitas pemerintah.

 

Ia menyakinkan dengan isolasi di fasilitas pemerintah, bisa mempercepat kesembuhan pasien positif Covid-19.

 

"Ya harapan kami, pasien OTG ini orang tanpa gejala. Kalau dikategorikan dalam virus Covid-19 ini kan OTG bergejala ringan. Sebaiknya memang mereka ini ditempatkan pada tempat fasilitas isolasi yang disediakan pemerintah daerah baik pemerintah provinsi, kota dan kabupaten," kata Syamsuar, kepada RiauOnline, Senin, 07 Juni 2021 di Gedung DPRD Riau usai rapat paripurna.

 

Dia menyebut langkah ini agar mudah melakukan pengontrolan terhadap pasien.

 

"Agar mereka (pasien positif Covid-19) ini mudah di kontrol dan sekaligus mudah melakukan perawatan, memberikan obat, edukasi dan olahraga secara teratur," ungkapnya.


 

"Kita harapkan kalau mereka mau mengikuti arahan pemerintah, pertama untuk meningkatkan kesembuhan pasien yang ada di Provinsi Riau," sambungnya.

 

Lanjutnya, bagi warga yang kurang fasilitas isolasi di rumah silahkan di tempat isolasi pemerintah saja.

 

"Kami menghimbau kiranya bagi warga apalagi yang kurang mampu di rumahnya kurang fasilitasnya, misal tidak ada kamar khusus, yang sekaligus mereka mandi dan toilet. Nah sebaiknya yang seperti ini harus sebaiknya isolasi di tempat fasilitas pemerintah," imbuhnya.

 

"Karena dikhawatirkan nanti, satu orang yang positif Covid-19 bisa menularkan kepada keluarga serumah. Itulah, mereka lebih baik isolasi di fasilitas pemerintah. Agar tingkat kesembuhannya lebih cepat," pungkasnya.