Virus Mutasi Asal India Masuk ke Riau, Syamsuar Perintahkan Kontak Erat Diswab

Kapten-JRM.jpg
(Polres Dumai)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar setelah mengetahui mutasi varian baru virus Covid-19 asal India B117 pada kapten kapal asal India. 

 

Ia langsung mengambil gerak cepat untuk melakukan tindakan kontak traking yang erat dengan kapten kapal tersebut.

 

"Jadi yang kapal ini pertama, kapal yang lama warga asal India ABK nya positif Covid-19 dirawat di sini (Rumah Sakit Pekanbaru) itu sudah jelas B117, tapi dia sudah berangkat ke India," kata Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Riau, Syamsuar, Jumat, 28 Mei 2021 kepada RiauOnline.

 

Lanjutnya, tracing sudah dilakukan kepada orang-orang yang kontak erat dengan kapten kapal asal India.

 


"Sekarang kita melakukan tracing terhadap kemarin siapa yang kontak erat dengan dia. Itu sudah dilakukan. Misalnya orang ambulance, orang KKP," ujarnya.

 

Dia menyebut hasil analisis terhadap orang-orang yang berkontak erat dengan kapten kapal belum keluar.

 

"Hasilnya belum keluar, jadi kita belum tahu, apakah sudah ada terinfeksi dengan B117 selain dari pada orang India tadi (Kapten Kapal)," ungkapnya.

 

 

Ia menjelaskan saat ini ada Kapal Panama yang tiba di Pelabuhan Dumai. Dimana ABK kapalnya ada warga asal India.

 

"Untuk kapal sekarang yang ada yaitu Kapal Panama, kebetulan juga ada orang orang India di dalamnya. Ada 10 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, sekarang belum tahu varian apa, tapi dia dikarantina di kapal," pungkasnya.

 

Sekadar informasi, berawal dari kapal asal India yang bersandar di Pelabuhan Dumai saat membawa CPO asal Riau menuju ke India, pada Minggu, 02 Mei 2021. 

 

Sebelum kedatangan kapal asal India, informasi sudah diterima oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai, pada Selasa, 27 April 2021, sekitar pukul 16.05 WIB. Informasi kedatangan didapat dari pemberitahuan agen pelayaran.