Usai Salat Jumat, Dwi Wibowo Senag Bisa Vaksin di Dekat Masjid

bus-vaksin-di-mesjid.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Bus vaksinasi Covid-19 keliling mulai beroperasi Jumat 28 Mei 2021. Pada tahap awal, ada lima unit bus untuk mendukung percepatan vaksin secara reguler di lokasi khusus.

 

Satu bus vaksin Covid-19 keliling berwarna biru parkir di halaman Masjid Al Falah, Jalan Sumatera, Kota Pekanbaru. Sejumlah petugas juga tampak membantu proses vaksinasi di dalam bus.

 

 

Dwi Wibowo, salah satu penerima vaksin mengaku senang dengan bus vaksinasi Covid-19 keliling. Ia merasakan kemudahan untuk mendapatkan vaksin.

 

Sebelum divaksin, Dwi mengikuti tahapan skrining. Petugas medis pun  bertanya kondisi kesehatan. Usai skrining, Dwi pun mendapat suntik vaksin.

 


"Kebetulan tadi saya salat Jumat di sini. Saya tanya karena ada mobil vaksin. Kebetulan saya belum vaksin," ujarnya saat menunggu waktu observasi.

 

 

Pria tersebut menyebut, selama ini belum dapat informasi seputar lokasi vaksinasi. Ia pun langsung percaya diri untuk divaksin usai mendapat informasi dari pengurus masjid.

 

"Adanya bus ini, kita jadi terbantu. Apalagi masyarakat yang rumahnya jauh. Istilahnya jemput bola," kata pria yang sehari-hari bekerja sebagai advokat.

 

Ia melanjutkan, keberadaan bus ini memudahkan masyarakat untuk memeroleh vaksin. Proses pendataannya tidak sulit, ia hanya perlu membawa KTP.

 

Dokter Penanggung Jawab Bus Vaksin Keliling, Siti Sarah menyebut, warga yang sudah vaksin pertama bisa mendapat vaksin tahap kedua. Mereka bisa datang ke Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani.

 

Ia melihat minat masyarakat terbilang bagus. Jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin di bus tersebut terus bertambah hingga sore.

 

"Adanya bus vaksin keliling membuat masyarakat lebih terbantu, terutama bagi yang usia lanjut. Satu bus menyediakan 10 vial vaksin Covid-19. Dosis yang tersedia cukup untuk seratus orang," terangnya.