5 Unit Bus Vaksinasi Covid-19 Keliling di Pekanbaru Resmi Luncurkan

bus-vaksin-pku.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Warga Pekanbaru bakal mendapat vaksinasi secara menyeluruh. Ada kemudahan saat ini untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Warga hanya perlu menanti di rumah saja.

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus secara resmi meluncurkan bus vaksinasi Covid-19 keliling. Ia melepas bus vaksinasi keliling ini di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Kamis 27 Mei 2021.

 

Ketua Harian Tim Percepatan Vaksinasi Covid-19 Kota Pekanbaru, Azwan, dalam sambutannya menyebut, bus vaksinasi keliling ini perdana di Indonesia.

 

"Mobil vaksinasi massal. Sepengetahuan saya, ini baru pertama di Indonesia," paparnya.

 

Rencananya bus ini mulai beroperasi secara penuh pada, Jumat 28 Mei 2021. Untuk tahap awal ada lima unit bus untuk mendukung percepatan vaksin secara reguler dan di lokasi khusus.


 

Armada bus vaksinasi keliling memiliki tim kesehatan yang melakukan vaksinasi secara mobile. Keberadaan bus ini merupakan inovasi ini untuk menjangkau vaksin bagi seluruh masyarakat.

 

Firdaus mengatakan, keberadaan bus vaksinasi keliling untuk mengoptimalkan pemberian vaksin bagi masyarakat. Bus ini nantinya untuk tahap awal beroperasi di kelurahan yang masuk zona merah Covid-19.

 

"Selain pelayanan vaksin reguler, kita lakukan percepatan di tempat khusus. Kita sediakan bus layanan keliling," terangnya dalam peluncuran.

 

Firdaus menyebut, layanan keliling ini untuk memperkuat vaksinasi di kelurahan. Camat dan lurah bisa mengkordinir jadwal bus vaksinasi keliling.

 

"Ini penguatan dalam upaya percepatan vaksinasi hingga ke RT dan RW, terutama di kelurahan yang berada di zona merah," terangnya.

 

Firdaus mengajak masyarakat untuk mendukung upaya percepatan vaksinasi. Ia juga mengajak masyarakat berperan menekan angka penularan Covid-19 agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

 

"Bus ini datang ke kelurahan, agar masyarakat lebih mudah mendapat vaksin. Ada juga tim penyuluhan," imbuhnya.