Covid-19 Pada Kapten Kapal Asing di Dumai Mutasi B1617 India

ABK-India.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi mengatakan kapten kapal asal India yang berlabuh di Kota Dumai beberapa waktu lalu terkonfirmasi positif Covid-19. hasil analisis, virus corona juga tidak biasa, merupakan mutasi B1617 India.

"Terkait masalah mutasi, memang ternyata kapten kapal yang kemarin dari Dumai itu positif Covid-19, sudah balik ke negaranya," kata dr Indra Yovi, kepada RiauOnline, Kamis, 27 Mei 2021 di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi.

Ia menyebut hasil tes dan analisis yang dilakukan kapten kapal positif Covid-19 dengan mutasi virus asal India.

"Sesudah kita analisis, ternyata memang virus Covid-19 kapten kapal itu mutasi virus B1617 dari India. Kemarin sudah dilakukan tracing oleh Dinas Kesehatan dan KKP Kota Dumai," sambungnya.


Lanjut Yovi, dari beberapa belas ABK hanya ada satu yang positif Covid-19 bermutasi B1617 dari India.

"Jadi dari beberapa belas anak buah kapal (ABK), itu ada total dengan kapten kapal, itu ada lima yang terpapar positif Covid-19. Dimana yang empat itu virusnya tidak mutasi," imbuhnya.

Dia mengajak agar semua pihak tidak lengah. "Tapi hal ini tidak membuat kita lengah. Karena kita tahu mutasi Covid-19 B1617 itu sangat cepat menyebar, dan sangat kuat sehingga bisa menimbulkan kematian pada penderitanya," ungkapnya.

"Alhamdulillah, kapten kapal yang dirawat di salah satu rumah sakit di Pekanbaru itu kondisi sudah bagus. Sudah balek ke India untuk membawa CPO," pungkasnya.

Seperti diketahui, kapal asal India berlabuh di Kota Dumai, Provinsi Riau, pada Minggu, 02 Mei 2021. Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai mendapatkan pemberitahuan kedatangan kapal asal India dari agen pelayaran. formasi ini diterima pekan lalu, Selasa, 27 April 2021, sekitar pukul 16.05 WIB.