Razia Tempat Kuliner di Pekanbaru, Petugas Dapati Pengunjung Positif Covid-19

swab-dadakan.jpg
(dok satpol PP)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Satpol PP Kota Pekanbaru bersama aparat gabungan kembali menggelar razia di lokasi kuliner malam. Tidak cuma membubarkan kerumunan, mereka juga melakukan swab tes mendadak terhadap pengunjung kuliner malam.

Aparat gabungan mendapati ada di antara yang nongkrong ternyata positif Covid-19. Mereka mendapatinya saat menggelar razia, Minggu 23 Mei 2021, malam.

"Hasilnya ada satu pengunjung positif Covid-19 dalam razia yang kita gelar," tegas Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang, Senin 24 Mei 2021.

Menurutnya, tim tidak hanya melakukan swab tes terhadap pengunjung kuliner malam. Mereka juga menyasar pekerja di tempat kuliner malam.

Iwan menyebut, tim menggelar razia di dua lokasi. Mereka awalnya menggelar razia di Radar 3, Jalan Jendral Sudirman. Tim melakukan swab test terhadap 32 orang.


Tim lantas bergerak ke satu angkringan di dekat Fly Over Jalan Imam Munandar - Jalan Jendral Sudirman. Ada 48 orang menjalani swab test.

"Hasilnya ada satu orang positif Covid-19. Kita langsung meminta pengunjung itu agar melakukan isolasi. Kita akan gelar kembali giat ini di titik kerumunan setiap malam," jelasnya.

Sebelumnya, aparat gabungan juga menggelar razia sekaligus rapid tes. Ratusan orang yang sedang berada di kuliner malam, Sabtu 22 Mei 2021 malam terciduk saat asik nongkrong.

Aparat gabungan membawa serta petugas kesehatan untuk melakukan rapid tes antigen. Para pengunjung pusat keramaian harus menjalani tes cepat untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Sebanyak 268 orang yang menjalani rapid tes antigen. Hasil tes ini menyatakan tiga orang ternyata reaktif. Petugas langsung melakukan swab tes atau tes usap.

Hasilnya ketiga orang yang jalani tes positif Covid-19. Satu di antaranya kedapatan bergejala sehingga harus jalani perawatan medis di RSD Madani. Dua orang lainnya menjalani isolasi mandiri karena tidak punya gejala.

"Setelah kita gelar rapid tes antigen, ada tiga yang reaktif dan ternyata usai swab tes mereka positif Covid-19. Padahal mereka ikut nongkrong di sana," ujar wan Simatupang.

Selanjutnya di tempat makan jalan Jendral Sudirman. Ada delapan orang yang menjalani rapid test antigen. Hasilnya satu orang positif Covid-19.

Satu titik lagi Bandrek House 46 di Jalan Tuanku Tambusai. Ada 200 orang menjalani swab tes di kerumunan tersebut. Hasilnya dua orang terindikasi positif Covid-19.

Iwan menegaskan bahwa tim terus menggelar giat serupa. Mereka ingin memastikan kondisi kesehatan pengunjung pusat keramaian.