Dua Ribu Warga Pekanbaru Terima Vaksin di Hari Pertama

m-noer-pku.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ada 2.303 orang di Kota Pekanbaru mendapat vaksin Covid-19 pada vaksinasi massal hari pertama, Rabu 19 Mei 2021. Mereka mendapat suntik vaksin di tiga titik berbeda.

Lokasi vaksinasi yakni Gelanggang Remaja, Novotel dan Hotel Furaya. Targetnya dalam tiga hari ada 10.000 orang mendapat suntik vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Noer merinci baru 315 orang mendapat suntikan vaksin pada hari pertama vaksinasi massal di Gelanggang Remaja. Jumlah peserta bisa berlipat ganda dari hari pertama.

Ia mengatakan, jumlah ini termasuk calon penerima vaksin cadangan. Vaksin tersebut sudah disiapkan bagi masyarakat yang sudah terdaftar.

"Kemungkinan pada hari kedua mencapai 1.500 orang," terangnya.


Ia tidak menampik jumlah peserta vaksinasi massal terbatas pada saat kunjungan Presiden RI. Ia menyebut jumlah peserta dibatasi hanya 500 orang.

Jumlah tim tenaga medis pun dibatasi karena mengikuti protokoler kepresidenan. Jumlah tim tenaga medis yang menyuntik vaksin hanya tujuh tim.

Tim vaksinasi massal melakukan percepatan di gelanggang remaja. Ada sebelas tim dari sebelah rumah sakit menggesa pemberian vaksin.

Jumlah masyarakat yang sudah mendapat suntikan vaksin di Hotel Furaya pada hari pertama vaksinasi massal melebihi target. Ia menyebut 1.262 orang dari target awal sebanyak 1.250 orang.

Sedangkan jumlah penerima vaksin dalam vaksinasi massal hari pertama di Novotel Pekanbaru di bawah target. Mereka yang mendapat vaksin hanya 726 orang dari target sebanyak 1.250 orang.

Program ini menargetkan 10 ribu orang mendapat suntikan vaksin. Gelanggang Remaja targetnya 2.000 orang, Hotel Furaya targetnya 4.000 orang dan Novotel targetnya 4.000 orang.