Warga Diimbau Hindari Kerumunan, Firdaus: Ekonomi Harus Tumbuh tapi Tetap Sehat

penjual-parsel.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Ia juga mengingatkan agar masyarakat menghindari kerumunan.

 

Imbauan ini seiring penyekatan di sejumlah ruas jalan. Adanya penyekatan untuk membatasi aktivitas masyarakat bersamaan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

 

"Ini adalah upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, apalagi kasus belakangan ini mengalami peningkatan," terangnya, Jumat 30 April 2021 

 

 

Menurutnya, penyekatan ini juga bersamaan dengan penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan. Ia menyebut setiap hari aparat gabungan menggelar penertiban untuk mencegah kerumunan.

 

"Jadi adanya penyekatan tidak cuma mencegah kerumunan. Tapi juga membuat masyarakat bisa cepat kembali ke rumah," ulasnya.

 


Ia juga berharap pertumbuhan ekonomi bisa meningkat. Namun tidak menyampingkan kesehatan masyarakat. Khusus kuliner malam, ada batasan duduk di tempat sampai jam 21.00. Selebihnya bisa melayani secara take away.

 

"Intinya pergerakan masyarakat dan aktivitas ekonomi mesti ditingkatkan pada dua sisi tadi. Ekonomi harus tumbuh dan masyarakat harus sehat. Tetapi ini akan ada benturannya," ujarnya.

 

Pemerintah kota menerapkan PPKM di empat Rukun Warga (RW). Keempat RW itu masuk zona merah Covid-19. 

 

 

 

 

 

Dua RW berada di Kelurahan Limbungan Baru. Kedua RW yakni RW 6 dan RW 9. 

 

PPKM juga berlangsung di RW 8 Kelurahan Sri Meranti. Satu RW lagi yang menggelar PPKM adalah RW 4 Sidomulyo Barat.