Siak Zona Merah Covid-19, Sebabnya karena Klaster PNS yang Sering Dinas Luar

Positif-Corona.jpg
(istimewa)

Laporan: SAHRIL RAMADANA

RIAU ONLINE, SIAK - Berdasarkan data Dinas Kesehatan, sejak 25 April lalu daerah Kabupaten Siak Provinsi Riau berstatus zona merah penyebaran Covid-19. Salah satu penyebabnya diduga karena klaster PNS.

"Iya, sejak 25 April kemarin, Siak zona merah. Peningkatan kasus Covid-19 di Siak karena klaster PNS," kata Kepala Dinas Kesehatan Siak, dr Tonny Chandra, Kamis 29 April 2021.


Tonny menjelaskan, munculnya klaster PNS di Siak karena perjalanan dinas ke luar daerah. "Saat kembali ke Siak, sudah kena Covid-19 ternyata. Contohnya seorang guru di Kecamatan Sungai Apit, pulang dari luar daerah, ternyata sudah kena Corona. Akibatnya satu sekolah semua kena," kata dia.

Contohnya, tidak hanya guru tersebut. Sebelumnya pegawai Dinas PU Tarukim Siak terjangkit wabah dari Cina itu setelah pulang dari Batam Provinsi Kepulauan Riau. "Akibat satu orang ini, satu kantor juga tertular," kata dia.

Angka kasus penyebaran Covid-19 tiga hari belakangan ini di Kabupaten Siak memang melonjak tinggi.

Berdasarkan data Satgas Covid-19, dari tanggal 26-28 April 2021, rata-rata per harinya 50 kasus positif Covid-19 di Siak. Total sudah 3.283 orang positif Covid-19 di daerah ini dan 86 orang di antaranya meninggal dunia.