Imsakiyah Ramadan 27 April Untuk Pekanbaru dan Sekitarnya

Jadwal-Imsakiyah-Ramadan-1442-H-2021-M4.jpg
(Sarmarita Rahmadhani/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sepuluh malam pertama ramadan sudah terlewati. Alhamdulillah masih lancar dan aman dalam menjalankannya, bukan? Seperti diketahui, ibadah puasa di bulan ramadan merupakan kewajiban bagi umat islam. Hal ini tertuang dalam surah Al Baqarah ayat 183 yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Nah, bagi perempuan, pasti dalam sebulan berpuasa, ada beberapa hari atau semingguan lebih yang puasanya tidak bisa full. Entah itu karena menyusui atau sedang hamil atau sedang menstruasi. Tapi jangan khawatir, jika memang sedang berhalangan untuk berpuasa, ada beberapa ibadah yang tetap bisa dijalankan perempuan tersebut.

Beberapa ibadah lainnya, yakni membaca Al-Qur’an tapi tidak boleh menyentuh mushafnya. Bisa membaca Al-Qur’an terjemahan atau memurojeaah hapalan. Bisa juga beristighfar atau berdzikir. Lebih bagus juga menyiapkan bukaan untuk yang berpuasa.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah mengungkapkan: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman: “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151).


Untuk ramadanke-15 ini, tepatnya Selasa 27 April 2021, jadwal imsakiyahnya sebagai berikut:

Imsak : 04.40 WIB
Subuh : 04:50 WIB
Terbit: 06.07 WIB
Dhuha : 06.31 WIB
Zhuhur: 12.15 WIB
Ashar : 15.33 WIB
Magrib: 18.18 WIB
Isya : 19.28 WIB

Bagi yang tinggal diskitar Kota Pekanbaru, untuk jadwal imsakiyahnya bisa berpatokan dengan jadwal imsakiyah Kota Pekanbaru, hanya saja, ada sedikit penambahan waktu sesuai tempat masing-masing. Misal, jika bermukim di Kabupaten Kampar, itu +1 dari Kota Pekanbaru. Jadi, di 27 April, imsaknya pukul 04.41 WIB. Begitu juga jadwal lainnya seperti salat subuh, ashar, dan lain sebagaiya.

Ini jadwal imsakiyah daerah yang berdekatan dengan Kota Pekanbaru, bisa berpatokan juga dengan jadwal imsakiyah Kota Pekanbaru:

Kabupaten Kampar +1 menit.
Kabupaten Siak - 3 menit.
Kabupaten Bengkalis - 1 menit.
Kabupaten Pelalawan - 2 menit.
Kabupaten Kuantan Singingi + 1 menit.
Kabupaten LimapuluhKota + 4 menit.
Kabupaten Rokan Hulu + 3 menit.
Kabupaten Dumai - 1 menit.
Kotamadya Payakumbuh + 4 menit.
Kabupaten Sawahlunto Sijunjung + 3 menit.
Kabupaten Kepulauan Meranti - 5 menit.
Kabupaten Tanah Datar + 5 menit.
Kotamadya Sawahlunto + 4 menit.
Kabupaten Indragiri Hulu - 2 menit.

Semangat berpuasa! Semoga bisa menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya.