PUPR Pekanbaru Bakal Evaluasi Izin Bangunan di Sempadan Sungai

indra-Pomi6.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tim Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru melakukan survei ke Sungai Sail, pasca meluapnya air sungai ke pemukiman masyarakat.

"Tadi kita lihat sudah mulai surut satu meter dari ketinggian sebelumnya," terang Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Minggu 25 April 2021.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi menegaskan pihaknya sudah mengeluarkan rekomendasi file banjir ke pengembang perumahan. Ada kemungkinan pengembang tidak menghiraukan rekomendasi ini.

Pihaknya tidak memberi rekomendasi mendirikan bangunan di sempadan sungai. Ia mengaku bakal menertibkan perumahan yang ada di sempadan sungai.


"Kita bakal kordinasi dengan pihak terkait, agar tidak ada lagi pembangunan di sempadan sungai," ujarnya.

Pihaknya bersama instansi terkait bakal mengevaluasi izin bangunan yang ternyata berada di sempadan sungai. Mereka juga mengevaluasi pembangunan di dataran rendah.

Indra menegaskan, pengembang perumahan mesti mengikuti rekomendasi terkait kawasan banjir.

"Mereka mesti mengantisipasi banjir di kawasannya. Para pengembang banyak tidak mengindahkan hal ini," terangnya.

Menurutnya, dinas memiliki rekomendasi bagi siapa saja yang hendak mendirikan. Pertama yakni informasi tata ruang. Dinas memberi informasi seputar peruntukan wilayah yang ada di kota. Mereka menjelaskan titik pemukiman, perdagangan dan saja serta industri.