Warga Pekanbaru Bersiap Bayar Parkir Secara Elektronik

parkir-elektronik3.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejumlah titik parkir tepi jalan di Kota Pekanbaru segera menerapkan pembayaran parkir secara elektronik. Rencana pembayaran parkir non tunai diterapkan pada pertengahan tahun 2021 ini.

Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru sudah melakukan uji coba pembayaran parkir tepi jalan secara non tunai, Senin 19 April 2021. Proses uji coba berlangsung di depan Pasar Buah, Jalan Jendral Sudirman ujung.

Juru parkir langsung mempraktekkan pembayaran secara non tunai. Ada alat khusus untuk merekam transaksi parkir. Alat tersebut juga mengeluarkan karcis parkir bagi pengendara yang memakai jasa parkir.

"Setelah dilayani pengendara membayar secara non tunai," jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso.


Menurutnya, pengendara bisa membayarnya dengan QRIS, e money dan alat pembayaran elektronik lainnya. Mereka bakal memberlakukan di sejumlah titik parkir tepi jalan umum.

Retribusi parkir nantinya akan masuk langsung ke rekening penampungan. Pihaknya akan menggandeng pihak ketiga untuk penerapan pembayaran parkir non tunai.

"Kita sudah menguji alat dan melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Ada bukti pembayaran yang memuat data transaksi parkir," ujarnya.

Pihaknya memiliki dashboard khusus untuk memantau transaksi parkir secara real time. Mereka bisa memantau jumlah kendaraan yang parkir di satu titik parkir.

"Upaya ini adalah cara membenahi pelayanan parkir," paparnya.