Kasus Covid-19 Turun, Satgas Pekanbaru Longgarkan PPKM di Dua RW

Kapolda-Riau-Kunjungi-Pasien-Positif-Corona.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru berencana melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Mereka bakal melonggarkan pengetatan aktivitas masyarakat di dua Rukun Warga (RW).

Dua RW yang saat ini menjalani PPKM adalah RW 06 Kelurahan Sidomulyo Timur dan RW 04 Kelurahan Tangkerang Timur. Terjadi penurunan jumlah pasien Covid-19 di kedua RW tersebut.

"Hasil evaluasi kita, pembatasan yang ada tidak seketat minggu kemarin," ujar Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang usai rapat evaluasi mingguan PPKM mikro, Senin 19 April 2021.

Sebelumnya ada 32 pasien terkonfirmasi positif di RW 06 Kelurahan Sidomulyo Timur. Saat ini hanya tersisa sepuluh orang yang masih menjalani isolasi mandiri.

Rumah yang jadi tempat tinggal pasien terkonfirmasi berkurang dari sepuluh menjadi tiga rumah. Ada terjadi penurunan dari sebelumnya menjadi RW zona merah.


Di RW 04 Kelurahan Tangkerang Timur, awalnya ada tujuh rumah terdeteksi ada kasus Covid-19. Saat ini hanya tinggal dua rumah saja. Jumlah pasien awalnya mencapai sembilan orang kini menjadi empat pasien.

"Mereka kini turun dari RW zona merah menjadi RW zona kuning," ujar Iwan.

Ada juga penurunan jumlah kelurahan zona merah dalam sehari. Jumlah kelurahan zona merah turun dari 32 kelurahan menjadi 28 kelurahan.

Menurutnya, PPKM mikro di Kota Pekanbaru masih berlangsung hingga 17 Mei 2021 mendatang. Tim satgas masih melakukan pengawasan di lokasi walau sudah ada kelonggaran.

Satu di antaranya kelonggaran terhadap pembatasan aktivitas di malam hari. Ia menyebut pengawasannya tidak lagi seketat pada awal penerapan PPKM.

"Ada sejumlah tempat usaha kita persilahkan buka dengan batas waktu, sebab konidisinya cenderung membaik," jelasnya.

Iwan menjelaskan bahwa tim satgas Covid-19 di kelurahan jadi garda terdepan. Pihaknya siap membantu pengawasan.