Harga Lelang Karet di Kuansing Naik Tipis Jadi Rp11.626 Perkilogram

karet7.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Setelah sempat turun dua minggu terakhir, harga lelang karet pada Asosiasi Petani Karet Kuantan Singingi (Apkarkusi) naik tipis. Harga lelang karet minggu ini naik Rp 48 perkilogram menjadi Rp 11.626 perkilogram.

"Harga lelang naik cukup tipis minggu ini," kata Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian Kuansing, Raja Rafli kepada Riau Online, Senin, 19 April 2021.

Meskipun harga naik namun produksi minggu ini anjlok. Minggu lalu produksi masih 92 ton dan minggu ini produksi hanya 44 ton. "Ditambah kondisi musim hujan," katanya.


Dia berharap kenaikan harga karet pada lelang di Apkarkusi buat petani karet terus semangat. Dinas Pertanian akan tetap memberikan perhatian terutama akan terus melakukan pendampingan serta memberikan penyuluhan untuk menghasilkan karet yang berkualitas baik.

Hingga Maret 2021, sudah ada 53 kelembagaan yang tergabung di dalam Apkarkusi terdiri dari 47 kelompok tani dan 6 gabungan kelompok tani. Ini tersebar di 7 Kecamatan mulai Kecamatan Kuantan Mudik, Gunung Toar, Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Pangean, Singingi Hilir dan Kuantan Hilir.