OPD Enggan Pangkas Anggaran, Jamil: Kita Bakal Potong Sendiri

Muhammad-Jamil6.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUOINE, PEKANBARU - Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru masih belum memangkas anggarannya. Mereka seharusnya memangkas anggaran OPD hingga 15 persen.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil memberi peringatan kepada OPD yang belum memangkas anggaran. Ia mengaku bakal memangkas sendiri anggaran di OPD tersebut.

"Kita sudah ingatkan bahwa pangkas hingga 15 persen. Kalah tidak mau, nanti bakal kita potong sendiri," tegasnya, Kamis 15 April 2021.

Menurutnya, seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru mengalami pemotongan anggaran. Adanya pemotongan anggaran seiring refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19.


Seluruh OPD harus memuntaskan pemangkasan anggaran. Ia mengingatkan seluruh OPD agar menggesa proses pemangkasan anggaran.

Jamil juga mengingatkan agar seluruh OPD bisa menggesa laporan keuangannya. Ia tidak ingin ada OPD yang lamban menyampaikan laporan keuangan.

OPD harus rutin menyampaikan laporan keuangan setiap bulan. Ia bakal melakukan evaluasi terhadap laporan itu setiap tiga bulan.

OPD yang lamban melaporkan laporan keuangan nantinya mendapat bimbingan tersendiri. Adanya bimbingan ini untuk melihat kendala pelaporan keuangan itu di OPD tersebut.